Translate

Wednesday, May 11, 2016

Mau Pelanggan Loyal Sama Bisnis online kita?

Sebagai bisnis online yang hanya menggunakan internet untuk kelangsungan pemasaran serta penjualan, menjaga loyalitas pelanggan merupakan satu kesatuan yang penting dan tidak bisa dipisahkan dengan bisnis online.

Reputasi bisnis online yang baik tentunya dibangun dari banyaknya pelanggan yang loyal pula. Nah, bagaimana caranya untuk membangun dan mempertahankan itu semua? Simak tips menjaga loyalitas pelanggan bisnis online berikut ini.

1. Kualitas produk adalah hal utama.

Dengan menghadirkan produk-produk yang tidak menurun kualitasnya, maka pelanggan Anda akan selalu setia dengan produk yang Anda jual. Contohnya produk ciptaan perusahaan Apple seperti iPhone dan iPad selalu laris di pasaran meskipun harga produknya selangit. Masyarakat memilih produk buatan Apple tersebut karena kualitasnya yang selalu terjaga. Ini membuktikan bahwa kualitas produk merupakan hal utama dan harga dinomorduakan.

2. Buat pelanggan merasa nyaman.

janganlah berjualan terus-terusan hingga pelanggan Anda merasa risih. Selingi konten promosi Anda dengan jokes, konten yang bermanfaat atau bahkan bercerita tentang kejadian populer yang sedang berlangsung.

3. Jangan pernah berdebat dengan pelanggan agar mereka tetap merasa dihargai.

Anda harus bisa untuk tetap tenang dan mendengarkan setiap keluhan pelanggan yang disampaikan dengan penuh emosi itu. Walaupun Anda tidak merasa bersalah, sampaikan permohonan maaf agar kekecewaan yang pelanggan Anda rasakan agak sedikit berkurang.

4. Berilah sesuatu yang bermanfaat kepada pelanggan yang paling loyal terhadap produk Anda.

Memberikan bonus dan promo-promo menarik dapat memberikan dampak yang besar terhadap penjualan produk Anda. Selain itu, Anda juga dapat membuat kegiatan kopdar atau event khusus untuk pelanggan setia Anda agar muncul ikatan emosional kepada produk Anda.

5. Bangunlah komunitas pelanggan dan tawarkan mereka menjadi reseller produk Anda.
Komunitas pelanggan tidak hanya berperan sebagai media promosi, namun juga menjadi sarana untuk membangun loyalitas. Komunitas juga sebenarnya bisa menjadi public relation bagi perusahaan yang secara otomatis menjadi media promosi kepada masyarakat lebih luas. Mereka akan menjadi perpanjangan tangan dari pemasaran dan penjualan produk Anda.

Fanky Christian
Director
PT. DAYA CIPTA MANDIRI SOLUSI
mobile: 62-812-1057533 / 0881-8857333
skype: fankych1211