Translate

Sunday, May 15, 2011

Menyimpan sakit hati vs mendemonstrasikan kasih

Melihat buku HYB Pak Eka dipegang Pak Chris dalam PMJ tadi membuat saya kangen untuk membaca buku itu (lagi)..

Buku tebal yang menarik dan selalu ada hal yang baru setiap kali membacanya. Pas membukanya, dibagian ini 234. Menyimpan sakit hati atau mendemonstrasikan kasih..

Pas sekali..

Pas sekali dengan kegalauan seorang wanita tua, yang saat ini sedang bingung harus berbuat apa menghadapi anak-anaknya. Anak-anak yang dikasihinya telah berubah dan mungkin juga berubah oleh karena perbuatannya dahulu. Tangan tua itu senantiasa membimbing dan menuntun anaknya berjalan bahkan mungkin hingga mereka tua. Namun semua tidak menjadi sama. Semua mulai berubah ketika anak-anaknya mulai mengenal dunianya, sibuk dan larut dalam pekerjaannya, meninggalkannya dan bergabung dengan pasangannya.

Sang ibu tua mulai kuatir kehilangan anaknya seperti kehilangan suaminya dahulu. Suami yang menjadi pujaan hatinya kala muda pergi meninggalkannya sendiri dengan keempat anaknya. Sang Ibu bersusah payah membesarkan anak-anak ini dalam kasih dan benci..
Anak telah tumbuh dewasa, cucu telah mengelilinginya, tapi hatinya tetap gundah. Hidupnya seolah selalu berusaha memenuhi keinginan anaknya, meskipun kerap kali sang anak tidak meminta, namun karena kasihnya sang ibu mencarikan jalan terbaik untuk anak-anaknya.. Seolah mereka tidak bisa mandiri..

Sekarang sang Ibu tersadar. Anak-anaknya telah tumbuh dewasa melebihi yang dia sangka, berubah mungkin, namun kasih sang Ibu telah terpatri dalam di hati sang anak, sehingga apa pun keadaannya, anak-anak selalu mengasihinya..

Namun semua tidak akan sama dengan pasangan dari anak-anaknya. Gesekan demi gesekan menghiasi mereka, dan ada kalanya tidak tertahan dan menimbulkan kekecewaan dan luka hati.

Disinilah kembali hati sang ibu diuji. Diuji untuk menyimpan sakit hatikah atau malah sebaliknya menunjukkan kasih itu semakin nyata?!

Hanya kasih dan kerendahan hati, itulah yang kekal dalam hidup ini, demikian refleksi dalam hati sang ibu.. Dan itulah akhir cerita malam ini..

Mata dikatupkan menutup hari, sambil lirih berdoa ' Tuhan, bantulah hambaMu memilih untuk senantiasa mendemonstrasikan kasihMu dibandingkan menyimpan sakit hati ini.. Amin'


build, access and manage your IT infrastructure and web applications