Translate

Sunday, April 02, 2023

Minggu Palem

HOSANA, 
Menyongsong Kristus sebagai Raja

Raja, jelas sekali dan tentu tidak asing bagi kita. Bahwa dia lah seorang yang memiliki kuasa mutlak bagi bangsa yang dipimpinnya dan yang dipimpinnya juga mengasihi kepadanya. Bangsa Israel juga meminta agar mereka dipimpin oleh seorang raja, baik Daud dan Salomo dan sejumlah raja hingga pembuangan ke babilonia, dan seterusnya, hingga mereka mendambakan Mesias yang akan hadir menjadi raja bagi mereka.

Bukan raja duniawi yang kita butuhkan, karena mereka pun hanya untuk sementara memerintah, Dari sejarah bangsa Israel, banyak raja yang tidak takut akan Tuhan, membawa sengsara bangsanya dan turut dihukum Tuhan, ada juga raja yang takut akan Tuhan, tetapi karena kedagingan mereka jatuh dalam doa juga. Raja dari dunia tidak dapat diandalkan, tetapi Raja Surgawi adalah benar dan adil, membawa keselamatan bagi kita.

Orang orang majus, telah melihat terang yang besar, dan mereka pun datang mencari dan mendapatkan bayi Yesus bersama Maria, lalu sujud menyebah DIA (Matius 2:11)

Lima hari menjelang paskah, orang banyak yang datang merayakan pesta, mereka pergi menyongsong Dia dan berseru Hosana! Diberkati Dia yang datang dalam nama Tuhan, Raja Israel.

Renungkanlah:
1. Siapakah yang menjadi raja dalam kehidupan kita? Apakah Tuhan, saya sendiri atau ada orang lain
2. Atau sesuatu yang sangat engkau kasihi yang menjadi rajamu? Apakah Hoby, pekerjaan, dan pelayanan?
3. Apakah kehidupan saya berkenan kepadaNYA? Berakar, bertumbuh dan berbuah?

Hari ini juga, berbaliklah kembali kepada Kristus, Terimalah Kristus Yesus yang telah mati bagi penebusan dosa mu, dan kuasa kebangkitanNYA yang menyelamatkan, terus menyertai perjalanan kehidupan kita semua, dan diutusNYA Roh Kudus didalam setiap detik perjalanan kita ini, memberi bimbingan dan teguran sehingga kita tetap setia dan taat kepada teladan Kristus. Hidup berkenan kepada Tuhan, dan beroleh hidup kekal.

Hosanna, Raja Damai Yesus Kristus telah datang, tinggal tetap dalam diri kita, orang percaya; dapat terus setia dan taat pada pimpinan Tuhan. 

KLim
2023-04-02
(revisi 2021-03-28) 
[Bacaan]
mereka mengambil daun-daun palem, dan pergi menyongsong Dia sambil berseru-seru: "Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, Raja Israel!"
Yohanes 12:13 TB