Translate

Thursday, December 27, 2018

WRITE YOUR OWN SHORT ARTICLE

Bagaimana menuliskan artikel anda?
(WRITE YOUR OWN SHORT ARTICLE)

Sebut saja namanya Tari, seorang teman saya yang tinggal di Bandung. Dia adalah seorang praktisi dalam bidang pendidikan anak. Karena sudah berpuluh-puluh tahun  berkecimpung dalam bidang itu, maka dia pun sudah mempunyai banyak pengalaman di bidang itu. Saya selalu mendorongnya untuk membagikan pengetahuan dan pengalamannya kepada orang lain.  Baik itu dalam bentuk sharing secara lisan maupun tulisan.

Tari pun berkata,"Saya sih sebenarnya setuju banget. Tapi bagaimana caranya menulis agar pembaca saya tertarik untuk terus menerus membaca sampai akhirnya?" Pertanyaan ini sangat relevant dan akan kita diskusikan bersama hari ini.

Saya pernah membaca buku Joanna Fedler berjudul ,"How to Write it, so others will want to read it." Buku itu sangat saya rekomendasikan untuk mereka yang ingin menulis artikel secara teratur.  Di buku itu Joanna menuliskan banyak teknik untuk bercerita, tetapi ada satu cerita sederhana yang sangat singkat dan menarik. Joana membagi teknik itu dalam tiga steps:
a) Build the  curiosity
b) Explain the content
c) Motivate them to apply in their real life

Kita bahas yuk ....

a) Build the  curiosity

Pertama, cobalah bangun curiosity mereka sejak awal.
Dalam film James Bond, film nya selalu dibuka dengan adegan action yang keren. Yang membuat para penonton ingin terus melihat bagian bagian berikutnya.
Buatlah bagian pertama juga selalu menarik dan membuat pembaca anda selalu ingin membaca kelanjutannya.

Sebaikna anda menampilkan materi yang:
tegas
berani
tampil beda
original (mereka belum pernah mendengarkan dari yang lain)

Rajin-rajinlah cari materi, sebaiknya dari pengalaman anda. Tetapi bisa juga dari buku, internet, atau diskusi anda dengan yang lain untuk mencari materi tersebut ...

b) Explain the content

Bagian ini sebenarnya adalah bagian inti. Jadi sebaiknya anda mengupas materinya dengan tuntas di sini. 
But .... there is a but ...
Ucapkan dalam bahasa yang se sederhana mungkin, dan kalau bisa dengan gaya bahasa yang akrab bahkan terkadang masukkan sedikit joke yang lucu.
Ini akan menambah menarik artikel anda. Anda tidak sedang membuat thesis ilmiah, cobalah bicarakan dalam bahasa yang mudah dimengerti. Jangan menjadi profesor yang membuat segalanya menjadi sulit dan rumit. Seolah olah kalau audience nga gak mengerti mereka bangga banget. Your job is to make sure they understand. If they dont understand, you fail!

Idola saya adalah Wali Songo. Mereka pintar, kaya, tampan, ilmu agamanya tinggi. Tetap saja pada saat mereka akan mengajarkan agama di pulau Jawa, mereka belajar dulu bahasa Jawa. You have to do the same for them. Understand your audience, make it easy for them to understand your ideas.

c) Motivate them to apply in their real life

Last but not least, anda menulis artikel dengan tujuan agar mereka membaca,
mengerti dan terutama MENERAPKAN ide-ide anda.
Jadi doronglah mereka agar mereka menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari agar ada improvement in their self development. Buatkanlah rekomendasi sederhana yang mereka bisa lakukan sehari-hari.

Jadi ingat, tiga langkah sederhana untuk menulis cerita anda adalah ...
a) Build the  curiosity
b) Explain the content
c) Motivate them to apply in their real life

Salam Hangat

Pambudi Sunarsihanto

Fanky Christian
IT Infrastructure Specialist
Smartcityindo.com
StartSmeUp.Id

Chairman DPD DKI APTIKNAS
Vice Chairman ASISINDO
Secretary ACCI