Translate

Tuesday, May 22, 2018

LONE WOLF STARVES TO DEATH ( Serigala yang sendirian akan mati kelaparan)

LONE WOLF STARVES TO DEATH
( Serigala yang sendirian akan mati kelaparan)

Seorang peneliti bernama Enn Vilbaste menyampaikan bahwa serigala yang bergerombol akan bisa berburu dan mendapatkan mangsa yang jauh lebih besar. Serigala yang sendiri hanya mendapatkan mangsa yang kecil dan lama lama kelaparan dan mati. Serigala yang sendiri kadang kadang juga nggak berani lagi mencari mangsa yang buas. Mereka seringkali harus pergi ke rumah manusia dan berusaha mendapatkan binatang ternak seperti ayam dan bebek. Akibatnya pada saat manusia memergoki mereka, serigala akan lebih lemah dibandingkan manusia manusia satu kampung. Dan besar kemungkinan serigala akan tertangkap dan mati. 
Intinya pada saat bergerombol serigala akan mempunyai performance yang jauh lebih tinggi daripada kalau dia sendiran. 

Dan ternyata itu tidak hanya berlaku bagi serigala.  Dalam situasi dan challenge business yang complex yang kita hadapi sekarang, there is no way in hell we could do all of the task by ourselves. No matter how good you are.  Anda memerlukan team untuk mencapai performance yang maximum.  Dan ini berlaku bagi leader, ataupun bagi child fruitnya (anak buahnya). 
Saya pernah mewawancara seseorang yang di job sebelumnya. Dan dia menerangkan bahwa dia tidak perform karena suasana timnya yang tidak bagus. 
Well, waktu itu saya ingin merekruit a good performer. 
That s all I care about ....
Saya gak perduli alasan alasannya. Jadi di manapun anda berada anda harus menjadi team player yang bagus, supaya performance timnya bagus, dan juga performance anda sendiri bagus. It is as simple as that. 
Masalahnya biasanya banyak sekali artikel atau buku tentang bagaimana menjadi leader yang baik.  Kita jarang sekali belajar atau mencoba improve dalam hal bagaimana menjadi team player yang baik. 
Padahal dua duanya sama pentingnya.

So, sharing hari ini akan mengingatkan kita semua tentang bagaimana menjadi team player yang baik. Ini adalah beberapa tips untuk menjadi team player yang baik ....

a) Play your strength .....

Strength anda adalah modal dan kontribusi anda kepada team. Semakin bagus anda dalam suatu hal tentunya semakin bernanfaat bagi team. Dan semakin bagus performance tim tersebut ....
Identify strength anda dan share dengan team what you can do best.
Mestinya tim anda harus mengumpulkan member dengan strength yang berbeda beda.
Kalau anda mempunyai strength yang diketahui dan terasa manfaatnya akan lebih mudah untuk menerima anda dengan segala kelebihan dan kekurangan anda. 

b) Jujurlah dengan kekurangan anda. 

Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan .....
Justru itulah alasan anda untuk join tim tersebut. 
Anda berkontribusi dengan kelebihan anda. Dan anda akan berinteraksi dengan mereka untuk memperbaiki kekurangan anda dan belajar dari mereka. Kalau anda sudah menguasai semua yang diperlukan dalam pekerjaan itu, anda akan bosan dan setelah beberapa lama ingin mendapatkan challenge atau job yang lain. 
So, jujurlah dengan tim anda bahwa anda mempunyai strength ini yang akan kotribusikan. Dan anda juga mempunyai kekurangan yang anda akan pelajari dari mereka.

c) Communicate clearly. 

Berkomunikasilah dengan baik dan juga transparan lah dengan tim anda.  Bicarakan secara terbuka, apa yang anda bisa lakukan, chalenge apa yang anda hadapi, bantuan apa yang anda bisa berikan dan bantuan apa yang anda harapkan dari yang lain.

d) Clarify role and responsibility

Kadang kadang kita ingin juga mengerjakan semuanya sendirian biar cepat. Padahal mungkin itu bukan responsibility kita. 
Harus jelas role and responsibility nya dan kemudian tetap bekerja dalam scope tersebut.
Kalau dalam satu step ada hambatan dari member yang lain tanyakan mengapa dan apa yang bisa dibantu.

e) Celebrate TOGETHER

Ingat bahwa pada akhirnya ini adalah hasil kerja bersama sebuah team. Jangan pernah beranggapan bahwa itu adalah performance individual anda. 
Jangan pernah mengambil kredit untuk anda sendiri. 
Tetap celebrate kesuksesan tim dengan 2 cara:
- Jangan menunggu sampai akhir tujuan untuk celebrate ...
 Anda bisa melakukan celebration pada saat menyelesaikan satu atau dua tahap saja. Celebrating quick wins akan membantu memotivasi tim anda.

Semoga tips tips di atas membantu kita semua untuk menjadi team player yang lebih baik.

Jadi ingat ya, ini adalah 5 tips untuk meningkatkan anda menjadi teamplayer yang baik ....

a) PLAY ON YOUR STRENGTH
b) BE HONEST about YOUR WEAKNESS
c) COMMUNICATE CLEARLY
d) CLARIFY ROLE and RESPONSIBILITY
e) CELEBRATE TOGETHER


Selamat mencoba.

Salam Hangat.

Pambudi Sunarsihanto