Translate

Tuesday, January 01, 2013

Apakah langkah Anda sudah tepat?


Yang Diharapkan dari Teknologi Komputer di 2013
Oleh: Ikhsan S. Nathabradja
Selasa, 1 Januari 2013, 11:49 WIB
INILAH.COM, San Francisco - Teknologi komputer terus berkembang dengan pesat. Memasuki tahun 2013, perkembangan itu pun dipastikan akan terus berjalan. Jadi, apa yang diharapkan dari teknologi komputer di tahun ini?
Diluncurkannya sistem operasi Windows 8 pada Oktober 2012 lalu merupakan sebuah lompatan besar dalam teknologi komputer. Sistem operasi terbaru dari Microsoft ini sudah mendukung kehadiran berbagai fitur baru termasuk fitur dukungan terhadap layar sentuh (touch-screen).
Seiiring dengan hal itu, maka bermunculan aneka perangkat komputer, baik desktop maupun laptop yang dapat operasikan melalui fungsi gestures yang disediakan pada layar sentuh, di penghujung tahun 2012.
Memasuki 2013 ini, teknologi komputer dipastikan akan terus berkembang. Pameran internasional elektronik tahunan CES 2013 yang akan digelar di Las Vegas, AS, pada 8-11 Januari 2013 mendatang, bakal menjadi tolok ukur dari gambaran produk-produk elektronik yang akan menjadi tren selama satu tahun mendatang.
Situs teknologi CNET memprediksikan tentang teknologi komputer apa saja yang akan menyemarakkan perhelatan CES pada tahun ini:
Layar sentuh dimana-mana
Tidak hanya perangkat smartphone dan tablet saja yang menggunakan layar sentuh, nantinya semua komputer desktop dan laptop bakal memakai teknologi ini. Kehadiran Windows 8 seakan memuluskan jalan bagi teknologi touch-screen untuk terus berkembang.
Diperkirakan pada ajang CES 2013 nanti, akan banyak vendor yang memamerkan produk-produk terbarunya yang mendukung teknologi ini.
Laptop yang fleksibel
Tahun 2013 diperkirakan akan hadir lebih banyak laptop fleksibel. Yang dimaksud fleksibel adalah kemampuan laptop yang bisa dilipat, ditekuk, diputar, melebihi yang sudah ada di tahun 2012.
Salah satu produk dengan kemampuan seperti itu telah dirilis tahun ini melalui laptop Lenovo Yoga. Perangkat ini sebelumnya dipamerkan di CES 2012 dan muncul di pasaran di pertengahan tahun.
All-in-One PC dengan single screen
Model komputer seperti itu telah bisa Anda lihat melalui Apple iMac dan telah ditiru oleh sejumlah produsen komputer lain.
Dengan telah dirilisnya Windows 8, diperkirakan akan semakin mendorong lebih banyak komputer all-in-one plus fitur tambahan touch-screen.
Namun sedikit perbedaan bisa dilihat pada produk tertentu seperti Sony Vaio Tap 20 yang telah rilis di tahun 2012. Perangkat ini justru terlihat sebagai tablet raksasa dengan touch-screen berukuran 20 inci.
Prosesor Intel di perangkat mobile
Selama ini prosesor besutan Intel telah menjadi otak komputer desktop/ laptop. Di tahun 2012 lalu, Intel mulai memperluas pasarnya dengan menyematkan prosesor barunya ke beberapa perangkat smartphoneberbasis Android.
Di tahun 2013 ini, tampaknya Intel ingin semakin memperkokoh posisinya di pasar prosesor, mulai dari komputer hingga smartphone dan tablet.
CNET memprediksikan Intel akan terus mengembangkan Ivy Bridge CPU miliknya dengan kemampuan utama pada efisiensi listrik. Di CES 2013 bisa saja Intel memamerkan Ivy Bridge dengan daya 10 watt.
Sebuah kejutan dari AMD
Produsen prosesor AMD masih akan terus berusaha mengejar rival utamanya, Intel, di tahun ini. Prosesor terbaru AMD yang telah rilis di pasaran pada tahun 2012 tidak begitu menarik minat publik baik dari segi performa maupun harganya.
Diperkirakan di tahun 2013 ini AMD bakal dapat membuat kejutan yang baik untuk industri komputer dunia dengan melansir produk berperforma lebih baik namun dengan harga yang tetap terjangkau.