Translate

Tuesday, September 18, 2012

Konsep Strategi Perusahaan

Model manajemen strategis menurut Stephanie K Marrus, mendefinisikan strategi sebagai proses penentuan rencana jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara bagaimana agar tujuan tersebut dicapai.

Hal-hal yang bersifat strategis hendaknya dikelola dengan apa yang disebut manajemen strategis.

Oleh karena itu, bis-mo-deng Anda pun harus dimulai dengan visi, misi dan falsafah. Visi adalah cita-cita masa depan yg ada di benak Anda sebagai pendiri.

Misi akan berisikan penjabaran secara tertulis mengenai visi tadu sehingga jelas dan mudah dimengerti.

Falsafah digunakan untuk menuntun semua anggota perusahaan untuk melaksanakan pekerjaan dalam mencari jalan keluar dari masalah-masalah yang timbul.

Kemudian tentukan Tujuan Organisasi, yg berisikan pernyataan luas mengenai apa yg akan dituju dan diwujudkan organisasi. Seperti menjadi perusahaan unggul, market leader, mengelola usaha secara efektif, memiliki teknologi unggul. Secara umum, tujuan adalah penjabaran misi organisasi Anda.

Strategi induk adalah rangkaian strategi perusahaan yang memperhatikan lingkungan atau kondisi external, internal, tantangan dan hambatan, melihat kelemahan dan kekuatan serta mengetahui ancaman-ancaman.

Sasaran Jangka Panjang adalah proses kesinambungan yang berisikan tahapan-tahapan, dengan mengacu pada Strategi Induk yang telah ditentukan.

Strategi dan Kebijakan Fungsional adah sasaran jangka pendek dalam berbagai fungsi operasional untuk melakukan berbagai aktifitas, umumnya akan dibagi terkait keuangan, sumber daya manusia, produksi, operasi dan pemasaran.

Strategi di atas kemudian dibagi menjadi detail Program dan Anggaran, berupa proyek-proyek.

Agar sasaran yang ingin diraih perlu pelaksanaan. Pelaksanaan perlu kontrol dan pengendalian.

Semua ini akan dievaluasi dalam periode tertentu, disebut dengan Kinerja.

Secara kontinyu Evaluasi dilakukan untuk memberikan umpan balik untuk formulasi atau implementasi strategi.

Selamat mencoba mendetailkannya.

build-access-manage at dayaciptamandiri.com