Translate

Wednesday, August 06, 2008

Pak, DB kuncinya..

Seharian ini, mengikuti rangkaian survey pada sebuah rs, dan rasanya, diakhir pertemuan lah ada hal menarik yang saya dapat. Ibu ini dengan fasihnya cerita perjalanan dia dan tim nya membangun sistem informasi rs, dan satu hal yang selalu ia camkan, adalah database.

Dia tahu bagaimana membuat database, krn dia diberikan kesempatan untuk belajar mengenal database. Tidak semua dari kita mengerti database itu apa, selain kelompok data, yang diatur dalam field dan tabel, dan kemudian -- apa?

Ini dia yang menarik. Tidak semua dari kita, tahu dengan pasti database itu apa. Padahal setiap hari kita bergaul dengannya.

Saya punya teman, teman saya punya alamat, teman saya punya hobi, teman saya punya keluarga - istri dan anak, teman saya punya harapan, teman saya punya cita-cita, dikumpulkan semua dalam satu kelompok informasi teman saya.

Trus, apa?

Saya punya banyak teman. Sekarang saya mau cari teman saya yang punya hobi komputer. Keluar dech tampilannya.

Saya cari lagi, saya mau teman saya yang tinggal di jakarta, dan hobinya mancing. Cling.. dapat.

Intinya, database.. it's all there. Dan inilah yang akan terus dan terus dikembangkan, krn ternyata, indonesia - mungkin kekurangan orang yang punya dan ngerti database.

Buktinya, sudah punya kasus setumpuk, tetap saja mencalonkan diri, dan dipilih orang, karena database nya tidak dilihat, tidak diperhatikan..

Kembali ke teman baru saya di sby ini, database lah yang membuat dia dapat membangun aplikasi yang demikian besar (menurut saya malam ini), dan inilah yang mungkin membuat saya harus s-e-r-i-u-s menggarap ttg database ini.

sudahkah kita lihat database apa yang kita miliki?