Translate

Tuesday, July 19, 2005

Competitive 'War' ?

Pada suatu kesempatan, saya berkunjung ke salah satu client saya, dan sambil duduk-duduk santai, dia cerita bahwa sekarang perusahaan dia menerapkan Peraturan yang 'aneh'. Aturannya adalah mengenai bahwa selama dia menjadi karyawan tidak boleh membocorkan rahasia perusahaan terutama ke competitor, (ini sich biasa), dan dia tidak boleh kerja di kompetitor selama 1 tahun setelah dia keluar dari perusahaan ini (nach, ini luar biasa).

Kok, bisa-bisanya melarang kerja orang di sana - di sini, terutama kompetitor bisnis dari perusahaan lama, lah? kan kita hanya pekerja, masak perusahaan mau tuntut kayak begini..

Pikir-punya pikir, memang masuk akal juga sich. Di client yang lain, malah sebagian besar orang-orangnya merupakan cabutan dari perusahaan lain, cukup beraneka ragam, malah hampir 'bedol-desa' kalo saya bilang, dan ini menurut saya yang menjalankan usaha - ya - saya pikir sah-sah saja, khan perusahaan mau cari orang yang sudah matang, bukan lagi yang harus diajarkan ini dan itu. Kalo mau percepatan, ya cari yang bagus,..

Lainnya lagi, ada perusahaan yang menerapkan sanksi yang cukup tinggi, contoh, apabila ketahuan, maka harus membayar 100x atau 200x gaji, dan dapat diangsur.. Apa lagi ini ?!

Tapi, itulah, sisi lain dari persaingan, kompetisi, yang mau tidak mau memeras otak kita untuk memikirkan strategi dan cara terbaik. Rekan saya, pengelola software house, menerapkan aturan yang saya pikir tidak ekstrim, tetapi tepat, dia bilang, semua karyawannya harus kontrak 2 tahun. Berani juga.. artinya sang programmer akan kerja dengan dia selama 2 tahun, terus menerus, dan dia tidak perlu kuatir kalo si programmer, cuma hit and run, masuk dan bawa kabur source-code yang telah kita buat bertahun-tahun.

Ya, namanya kompetisi, jadi harus smart kita bertindak.

salam entrepreneur.

fanky.