Translate

Thursday, January 02, 2020

Manager vs Team Leader

Dalam setahun ini , saya akhirnya 'berhasil' mengembangkan kembali lini management dibawah saya, terkait dengan adanya manager dan general manager.

Lalu apa peran mereka, selain mendistribusikan tugas2 yang selama ini saya dan partner saya pegang.

Pertama, peran General Manager atau Group Manager.
Ada peran LEADING, PLANNING, ORGANIZING dan STAFFING serta CONTROLLING.
ternyata belum semua peran ini bisa dilakukan bersamaan, perlu urutan agar bisa dikerjakan, dan yang paling mudah ke yang sulit :
- STAFFING
- CONTROLLING
- ORGANIZING
- LEADING
- PLANNING


Image result for MANAGER VS TEAM LEADER
Ternyata, PLANNING paling sulit lho.

Lalu ke lini dibawahnya, ada MANAGER.

Manager seyogyanya harus :
- FOKUS ke tugasnya BUKAN ORANG
- Melakukan dengan BENAR
- Perencanaan (atau penjadwalan)
- Organize
- Direct (pengawasan)
- Control
- Follow RULES

Lalu, saya mulai shifting ke kolom LEADER
- fokus ke ORANG
- Melakukan HAL BENAR
- Menginspirasi TIM
- Mempengaruhi
- Membangun
- Mengembangkan kemampuan

Image result for MANAGER VS TEAM LEADER

Image result for MANAGER VS TEAM LEADER

Nah, memasuki tahun 2020 ini , kembali saya akan menajamkan skill kami semua.