Translate

Sunday, January 31, 2016

Kabel Ties

Wah, mungkin ada yang jarang dengar istilah ini "kabel Ties". Ini bukan nama orang yang menemukan jenis kabel, tetapi Istilah untuk kabel pengikat.
Kami kehabisan stok kabel Ties ini dalam beberapa minggu, dan baru akhirnya kemarin kami membeli lagi. Ternyata kabel Ties ini banyak kegunaannya. Terutama memperbaiki tas anak, pengikat untuk segala kebutuhan barang yang notabene rusak. 

Sambil mengikat dan menarik kabel Ties ini, saya berpikir. Seringkali kita hidup seperti kabel Ties ini. Menjadi pengikat untuk orang lain, membuat orang bergantung kepada kita. Bukankah memang hidup kita dibuat oleh Sang Maha Kuasa demikian, menjadi penolong bagi orang lain ?

Perbedaannya dengan kabel Ties ini, sifatnya bisa sementara. Kabel Ties digunakan untuk mengikat,m tapi mungkin suatu saat kita ingin melepaskannya, maka dapat dilakukan dengqn mudah .

Hidup kita yang seyogyanya menjadi penolong orang lain, janganlah dibuat agar orang senantiasa bergantung  / mengikat kepada kita. Kita harus membantu orang dengan sungguh, tapi juga merelakannya apabila dia tidak mengingat kita. Jadi apabila ikatan itu dilepas , kita tidak menjadi terluka , melainkan bersyukur.

Kabel Ties umumnya digunakan untuk memperbaiki. Hidup kita juga seyogyanya digunakan untuk memperbaiki orang lain. Membangun orang lain, dan terutama tentu orang terdekat kita. Bisa keluarga kita, saudara, dan orang kenalan kita. Tapi apa yang terjadi memang banyak yang tidak sesuai . Kita seringkali tidak menjadi pengikat dalam keluarga kita. Kita seringkali melepaskan diri dari keluarga kita. Ini tantangan besar yang sedang juga saya hadapi, bagaimana menjadi pengikat dalam keluarga besar.

Saya mengingat banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjadi pengikat. Dan terlebih lagi kita juga siap menjadi pengikat yang baik. Ayo kita mulai...