Translate

Sunday, September 27, 2015

Transform vs Change

Transform vs Change, mungkin kedua kata yang membingungkan buat kita. Mungkin kita akan mengartikannya sama, yaitu perubahan, atau mungkin sesederhana, berubah.

Tapi sesungguhnya ada perbedaan mendasar yang harus kita amati.

Change lebih berarti memperbaiki hal yang lalu, hal yang lampau. Sedangkan transform, atau transformation, lebih kepada melihat, mengubah, atau membuat hal yang baru di masa depan.

Untuk CHANGE, berubah, maka kita harus mengenal , mengetahui, kondisi sebelumnya, untuk ditingkatkan, diperbaiki, dirubah menjadi lebih baik.

Kesuksesan CHANGE akan sangat tergantung oleh efisiensi, keekonomisan yang dihitung pada saat selesai, dibandingkan pada saat memulainya. Ketika kita memilih CHANGE, maka masa depan kita akan rekondisi dan ditingkatkan dibandingkan sebelumnya.

Sedangkan Transform adalah Pernyataan tegas kita untuk merubah masa depan kita. Masa depan menjadi jelas bila kita terbebas dari beban masa lalu. Dalam Transform, kita menentukan masa depan, tujuan, dan memikirkan cara untuk mencapainya. Transform tidak berhubungan dengan masa lalu, atau hal yang lalu, tapi hal yang baru, bahkan berbeda sama sekali.

CHANGE dan TRANSFORM, keduanya dimulai dengan memahami kondisi saat ini, yang berbeda adalah hasilnya.

CHANGE membuat Sistem lebih baik, TRANSFORM menentukan arah selanjutnya, yang mungkin membuat Sistem baru.

Pahamilah apakah kita mengejar terjadinya CHANGE atau TRANSFORMATION, dan ajaklah tim kita memahami nya bersama.