Translate

Saturday, September 06, 2014

Onno Center dan Cyberpreneur Indonesia Kembangkan Blusukan Online

Posted: 04 Sep 2014 10:59 PM PDT
Blusukan Online-Biskom-1
ISTILAH Blusukan Online mulai dikenal masyarakat. Adalah Onno W. Purbo, Pakar Internet Indonesia,  yang mengenalkan webinar dengan jumlah audience  hingga mencapai lebih dari 500 orang dari penjuru daerah, untuk bersama-sama melakukan komunikasi dua arah secara online.
Webinar ini dikembangkan pertama kali oleh Cyberpreuneur Indonesia, sebuah yayasan yang memiliki tujuan untuk menciptakan enterpreneur-enterpreneur muda Indonesia. Kini  bersama Onno Center,  lembaga pendidikan yang mengsung Onno W. Purbo sebagai ikon,  Cyberpreuneur Indonesia tengah  melakukan proses pengembangan Blusukan Online.
Blusukan Online-Biskom-2
Dedi Yudiant, Pendiri Cyberpreuneur Indonesia mengatakan, “Kami telah mencoba sistem ini selama setahun, dan telah berhasil melibatkan lebih dari 500 peserta webinar. Jika kapasitas server yang kita gunakan lebih besar lagi, kemungkinan bisa melibatkan 1000 peserta sekaligus.”
Namun pengembangan bukan hanya sekedar menambah server, tetapi juga berevolusi menjadi beberapa bentuk kegiatan, seperti:
  • Blusukan Online Conference, adalah kegiatan interaktif Audio Visual berbasis web dengan server terpusat dengan jumlah partisipan atau peserta hingga 1000 orang serentak sekaligus dan bisa diakses dari mana saja, sejauh terhubung ke Internet dengan bandwidth minimal 512 Kbps.
  • Blusukan Online Web, adalah sistem informasi berbasis Web atau portal Kegiatan yang tujuannya melakukan identifikasi /monitoring tingkat ‘Kegalauan (Galauers)’ pengguna dunia maya terhadap sesuatu produk atau layanan, baik Layanan Publik, pemerintahan  maupun swasta. Melalui Blusukan Online Web, bisa diperoleh  indikasi awal terhadap informasi produk atau layanan berupa respon pengguna, baik positif maupun negatif,  di dunia maya. Khusus untuk Pemerintah, Blusukan Online Web memberikan kemudahan bagi Pemerintah untuk mengetahui isu-isu  yang paling dominan di masyarakat, berdasarkan fakta dan data secara instant, lengkap dengan pengaturan prioritas secara otomatis.
  • Blusukan Online Streaming, adalah kegiatan-kegiatan mengunggah atau mendownload file audio visual berbasis web di dunia Internet dengan server terpusat dan sistem informasi berbasis web secara terpadu. Misalnya seperti yang dilakukan oleh portal layanan streaming SMK.TV. Nantinya, Onno Center akan membuat layanan yang sama agar masyarakat, terutama di dunia TI dan pendidikan untuk mengisi  video streaming yang bermanfaat bagi banyak orang.
  • Blusukan Online On Air,  adalah kegiatan kolaborasi  mempublikasikan materi audio visual baik streamingrecording  maupun live berbasis internet yang ditayangkan secara On The Air melalui saluran TV satelit maupun segala jenis TV Channel, sehingga seluruh pengguna dunia maya dan pemirsa TV dapat menyaksikan tayangan yang  sama, di waktu yang bersamaan pula.
Onno W. Purbo, mengatakan, “Dengan dukungan teknologi internet dan siaran, penyebaran ilmu pengetahuan dapat dilakukan secara luas dan cepat,” tambahnya.
Untuk memberikan efek yang luar biasa, Onno pun mengajak seluruh komunitas TIK untuk saling berbagi memberi ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat. •ANDRI/M. TAUFIK (foto)
Posted: 03 Sep 2014 10:34 PM PDT
Onno W. Purbo

PRESIDEN terpilih, Joko Widodo, sejak menjabat Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta telah menunjukkan kegiatan ‘blusukan’ atau menjalin komunikasi dengan masyarakat secara langsung, untuk mengetahui kondisi terkini masyarakat.
Metode blusukan dipercaya dapat membantu menentukan program pemerintah yang berpihak pada kerakyatan. Tak heran jika kegiatan ini pun mulai banyak diikuti oleh pemimpin daerah lainnya untuk melakukan hal yang sama,  agar dapat mendekatkan seorang pemimpin dengan rakyatnya.
Pakar Internet Onno W Purbo, juga mulai mengadopsi istilah blusukan untuk teknologi terbarunya yang bernama Blusukan Online. Blusukan Online adalah komunikasi interaktif dua arah yang dilakukan dari jarak jauh secara online. Bisa dilakukan kapanpun dalam 24 jam, sepanjang terhubung dalam koneksi internet.
Dengan Blusukan Online, Onno berharap kegiatan mengajar teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang banyak dilakukannya saat ini bisa menjangkau lebih banyak orang di banyak daerah, bahkan di pelosok-pelosok desa.
Dikembangkan bersama antara Onno Center dan organisasi bernama Cyberpreuneur Indonesia, Blusukan Online sepintas hampir sama dengan webinar (seminar berbasis web) biasa. Namun yang istimewa, Blusukan Online mampu melibatkan banyak peserta di berbagai penjuru Indonesia. Tak tanggung-tanggung, bisa mencapai lebih dari 500 peserta!
Bersamaan dengan sosialisasi  Cyberpreneur Competition 2014 yang digelar Cyberpreneur Indonesia bersama Direktorat Pembinaan SMK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hari ini (4/9) di Jakarta, Onno kembali melakukan ujicoba Blusukan Online bersama ratusan SMK se-Indonesia dan sejumlah media di Jakarta.
Onno menyebutkan, Blusukan Online merupakan cara distribusi informasi yang murah, cepat, efisien serta terjangkau hingga pelosok desa. “Dengan dukungan teknologi internet, penyebaran ilmu pengetahuan dapat dilakukan secara luas dan cepat. Bisa dibilang, ini caranya blusukan tanpa harus becek-becekan, misalnya saat pimpinan di pemerintahan ingin berkomunikasi dengan masyarakat di wilayah yang rawan banjir,” terangnya.
Kendati demikian, Onno menjelaskan, sebenarnya saat mengajar dirinya lebih suka mengunjungi anak didiknya secara langsung. “Cuma kan hampir tidak mungkin semua daerah bisa saya kunjungi,” tambahnya. •