Translate

Monday, March 10, 2014

Kiat Praktis menetapkan Sasaran yang efektif

Dalam khotbah yang terkait dengan tujuan hidup kita kemarin, saya jadi mengingat kembali salah satu bagian buku Life Success Triangle dari Pak Elloy yang sangat menarik dan praktis terkait dengan tujuan hidup.

Jelas, saya setuju bahwa tujuan hidup kita harus mengarah dan untuk Tuhan, dan sekarang tinggal bagaimana kita menetapkan sasaran nya menjadi lebih detail.

Berikut kutipannya,

  1. Temukan tujuan, impian, atau panggilan Tuhan bagi hidup Anda. 
  2. Kemudian bagi dan tuliskanlah tujuan tersebut, dalam bentuk jangka panjang (5-10 tahun), menengah (2-3 tahun) , dan pendek (6-12 bulan). Ingat, tujuan tidak dibuat secara tertulis hanya menjadi satu harapan kosong dan tidak akan terwujud.
  3. Tetapkan tenggat waktu pencapaian. Anda harus benar-benar jelas dalam menentukan kapan ingin mencapai sasaran Anda tersebut. Pikiran bawah sadar Anda akan mencintai tenggat waktu dan sasaran yang terukur. Anda boleh mengikuti formula yang dikenal dengan istilah SMART berikut ini, 
    1. Spesific (spesifik)
    2. Measurable (terukur)
    3. Achiavable (dapat diraih)
    4. Relevant (relevan atau penting untuk diraih)
    5. Time-bound (ada tenggat waktu pencapaian)
  4. Tentukan 3 keuntungan bila Anda meraih sasaran tersebut, dan atas tiga kerugian terbesar bila Anda gagal mencapainya
  5. Identifikasi semua hambatan yang harus Anda atasi untuk mencapai sasaran serta langkah mengatasinya. Apa yang mungkin tidak lancar? Apa yang menghalangi Anda ? Tuliskanlah pada sehelai kertas. Semakin jelas Anda mengindentifikasikan sema masalah dan kesulitan-kesulitan yang Anda alami, semakin baik persiapan Anda untuk mengatasinya.
  6. Tetapkan pengetahuan dan ketrampilan tambahan yang akan diperlukan untuk mencapai sasaran. Ingat, untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar Anda harus bersedia membayar harganya, termasuk belajar dan mempraktekkan sesuatu hal baru.
  7. Anda juga perlu menetapkan orang-orang yang bantuan dan kerjasamanya Anda perlukan. Untuk meraih sasaran yang besar, Anda akan membutuhkan bantuan dari banyak orang. Semakin jelas pemahaman Anda tentang siapa sebenarnya orang-orang ini, semakin besar kemungkinan Anda mengambil langkah-langkah yang perlu untuk mendapatkan kerjasama dan dukungan mereka.
  8. Tuliskanlah secara spesifik tindakan-tindakan apa saja yang perlu Anda mulai hari ini untuk meraih sasaran Anda, mulai dari sekarang. 
  9. Beritahukanlah kepada sebanyak-banyaknya orang mengenai impian dan sasaran Anda. Ini penting supaya ada yang mengingatkan pada saat Anda lupa.
  10. Lakukanlah afirmasi bahwa dengan pertolongan tuhan dan kerja keras Anda pasti mampu mewujudkan sasaran-sasaran tersebut. Kemudian visualisasikan impian dan sasaran Anda sampai impian tersebut menguasai seluruh hidup Anda.
selamat memulai..