Translate

Sunday, March 15, 2009

Mau dibawa kemana gereja ini?

Mungkin itu sedikit kalimat yang saya dapat dalam SMS tadi pagi. Tidak menghentakkan saya, tidak mengherankan saya, mengapa ada orang yang bertanya tentang hal itu kepada saya.

Bukan karena posisi saya sebagai salah satu anggota Bidang Pembinaan di gereja ini, tapi seharusnya ini pertanyaan saya (siapa pun saya) sebagai anggota jemaat dalam satu gereja (manapun).

Dan sedikit banyak, pertanyaan ini pun pernah saya lontarkan kepada forum Majelis Jemaat dimana saya bergereja. Tapi toh, tidak banyak yang bisa kami buat. Tugas 'kemana gereja ini?' tidak hanya tugas sekelompok atau perorangan, tapi adalah tugas bersama, yang harus dirumuskan, digumuli, diresapi dan dilaksanakan oleh jemaat dan Majelis gereja yang bersangkutan.

Tapi ya, sedikit banyak pertanyaan ini kembali muncul di benak saya, setelah SMS tadi pagi saya terima. Saya sendiri tidak puas dan bertanya mau dibawa kemana gereja (kita) sesungguhnya. Beragam konsep dijabarkan, dijelaskan, ada yang bisa kita ambil, ada juga yang menjadi mentah begitu masuk ke dalam gereja (baca: jemaat).

Nah, ijinkan saya menggumulinya dahulu, sebelum menuliskannya detail disini.

See you soon, GBU