Translate

Monday, April 03, 2006

Biggest ?

Alcatel dan Lucent Merger
Senin, 03 April 2006
Oleh : A Mohammad BS

Dua perusahaan telekomunikasi global yang bermain di bisnis layanan internet triple play, Alcatel dan Lucent, sepakat untuk bergabung (merger). Perjanjian merger di antara keduanya telah ditandatangani di Paris. Walau nama perusahaan gabungan tersebut belum diumumkan, tapi perusahaan itu akan bermarkas di Paris dan terdaftar pada bursa Euronext.

Diperkirakan, merger antara Alcatel dan Lucent ini akan melahirkan raksasa baru di dunia telekomunikasi. Karena gabungan dua perusahaan baru tersebut akan memiliki kapitalisasi aset senilai US$ 33 miliar. Dalam komposisi kepemilikannya, Alcatel akan menguasai 60% saham perusahaan dan sisanya (40%) oleh Lucent.

Saat ini, Alcatel memiliki nilai sekitar US$ 20 miliar dan Lucent sebesar US$ 13 miliar. Konon, gabungan keduanya akan menjadi raksasa produsen perangkat jaringan, telepon, dan internet terbesar kedua di dunia, setelah Cisco Systems dari Amerika Serikat.

Selama ini, Alcatel dan Lucent sama-sama bermain di bisnis layanan internet triple play, yakni menggabungkan layanan internet, televisi, dan telepon. Kedua perusahaan itu juga gencar bermain di pasar telekomunikasi nirkabel. Hanya saja, Alcatel juga aktif bermain di bisnis komunikasi via satelit. Dari sisi pasar, Lucent memiliki posisi yang cukup baik di Amerika Serikat. Sedangkan Alcatel, aktif di pasaran Eropa dan Asia.