Translate

Monday, October 31, 2016

JUST DO IT

Ada seorang mahasiswa muda berusia 18 tahun yg berjuang utk membayar biaya kuliahnya.

Dia seorang yatim piatu, dan tidak tahu ke mana harus mendapatkan uang.

Akhirnya dia dapat ide yg cemerlang.

Bersama seorang temannya, ia memutuskan utk menggelar  konser musik di kampus guna mengumpulkan uang utk biaya pendidikan mereka.

Konser itu mereka adakan dgn mendatangkan pianis besar Ignacy J. Paderewski.

Manajer sang pianis  meminta biaya sebesar $ 2.000 untuk konser piano.
Sebuah kesepakat an pun terjadi.

Dua anak muda itu pun mulai bekerja untuk membuat konser sukses.

Hari besar tiba. Paderewski akan melaksanakan konser piano di Stanford University.

Tapi sayangnya, si kedua mahasiswa tidak berhasil menjual tiket sesuai target. Total tiket yg terjual hanya $ 1,600.

Keduanya kecewa, Mereka lalu pergi ke Paderewski dan menjelaskan keadaan mereka.

Mereka memberikan seluruh uang $1,600, ditambah dgn cek sebesar $ 400.

Kedua mahasiswa tsb berjanji utk melunasi cek cepatnya.

"Tidak" kata Paderewski. "Aku tidak dapat menerima." Dia menyobek cek, mengembalikan uang $1,600 sambil berkata kpd kedua mahasiswa, "Ini uang $1,600 kalian ambil. Gunakanlah untuk biaya kuliah kalian.

Aku akan mainkan konser piano tanpa perlu kalian bayar !"  

Kedua mahasiswa  terkejut, dan mengucapkan terima kasih yg sebesar-besarnya.

Bagi Padwrewski, yg dilakukan nya adalah tindak kebaikan yg kecil.

Tapi  jelas itu menunjuk kan bhw Paderewski seorang manusia yang besar.

Mengapa ia harus membantu kedua mahasiswa tsb yg bahkan dia tidak kenal sama sekali ?

Kita semua juga sering menemukan situasi seperti ini dalam hidup kita.

Dan kebanyakan dari kita hanya berpikir "Jika saya membantu mereka, apa yang akan terjadi padaku?"

Kalau seseorang itu benar2 baik dan bijak, dia akan berpikir, "Jika saya tidak membantu mereka, apa yang akan terjadi dgn mereka ?".

Orang2 yg baik dan bijak tidak akan melakukannya dengan mengharapkan balasan.

Mereka melakukannya karena mereka merasa itu adalah hal yg benar yg harus dilakukan.

Sebagaimana diketahui, Paderewski kemudian menjadi Perdana Menteri Polandia.

Dia seorang pemimpin yg besar, tapi sayangnya ketika Perang Dunia I dimulai, Polandia dilanda kelaparan.

Ada lebih dari 1,5 juta orang kelaparan di negaranya, dan tidak ada uang utk memberi makan mereka.

Paderewski tidak tahu ke mana harus berpaling utk minta bantuan.

Dia mengulurkan tangan ke Administrasi Makanan dan Bantuan AS untuk minta bantuan.

Presiden AS saat itu, Herbert Hoover, setuju utk membantu dan cepat dikirim berton-ton bahan makanan utk rakyat Polandia yg kelaparan.

Akhirnya sebuah bencana dapat dihindari.
Paderewski lega.

Dia memutuskan utk pergi bertemu dgn Hoover secara pribadi guna berterima kasih kpdnya.

Ketika Paderewski mengucap kan terima kasih kpd Hoover atas sikap mulianya, Hoover cepat menyela dan berkata, "Anda tidak harus berterima kasih kpd saya, Pak Perdana Menteri.

Anda mungkin sudah lupa, tetapi saya tidak akan pernah dapat melupakannya.

Beberapa tahun yg lalu, Anda membantu biaya kuliah dua mahasiswa muda di Stanford University. Saya adalah salah satu dari mereka...."

Dunia adalah tempat yg indah.

Apa yg terjadi di sekitar kita biasanya datang dari apa yg telah kita lakukan.

Pada saat kita ada kesempatan utk membantu sesama, JUST DO IT !!!

Jangan pernah meng- hitung2 mengharapkan balas budi.

Kita tidak perlu tahu dari mana dan
 dgn cara apa balasan itu akan datang kepada kita.

KPTIK kerjasama dengan BBPLK CEVEST dan KelasKita


Jakarta (28/10/2016).  KPTIK atau Komite Penyelasaran Teknologi Informasi dan Komunikasi membuat program pendidikan vokasional atau pelatihan siap kerja secara online "Maestro Teacher" dan secara offline "Maestro Class" di bidang TIK. Hal itu diungkapkan Dedi Yudiant, Ketua KPTIK pada konferensi pers di Jakarta, Jumat 28/10.


Menurut Dedi, program yang telah disiapkan sejak awal 2016 lalu itu untuk mengurangi kesenjangan antara kebutuhan SDM TIK dan lulusan lembaga pendidikan formal.
"Maestro Teacher dan Maestro Class sejalan dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam rangka Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia," ungkap Dedi.
Pelatihan Maestro Teacher akan dibimbing oleh para maestro di masing-masing bidang sesuai keahliannya. Maestro Teacher tersedia dalam bentuk materi pelatihan online dengan beberapa pilihan antara lain melalui web maestro.kptik.id, aplikasi mobile KelasKita, dan aplikasi e-learning yang dikelola Onno W. Purbo dengan alamat belajar.cyberlearning.id. Sebagian besar materi pelatihan online tersedia gratis.


Pelatihan Maestro Class yang diselenggarakan KPTIK bekerja sama dengan lembaga pelatihan swasta anggota KPTIK dan lembaga pelatihan yang dimiliki pemerintah seperti balai latihan kerja atau BLK. Salah satu pelatihan di BLK yang sedang berjalan adalah  Teknisi TIK, kerja sama KPTIK dengan BBPLK "Cevest" Bekasi. Lulusan pelatihan Teknisi TIK itu akan diserap oleh perusahaan-perusahaan anggota asosiasi di bawah PKTIK.

Tentang KPTIK
KPTIK (kptik.id) adalah organisasi non profit yang didirikan pada akhir 2015 untuk menyelaraskan pendidikan terkait TIK dengan industri yang membutuhkan SDM TIK. KPTIK beranggotakan asosiasi industri dan lembaga sosial masyarakat di bidang TIK, antara lain AENAKI, AOSI, APJII, Apkomindo, APMI, Aspiluki, ATSI, FTII, Genta Foundation, Klik Indonesia, LSP Komputer, LSP Open Source, LSP Telematika, Meruvian Foundation, dan Onno Center.

KAYA SETELAH USIA 5O TAHUN

KAYA SETELAH USIA 5O TAHUN

Rata2 orang menjadi KAYA setelah usianya diatas 50 thn, karena:
1. Ada PERAK di rambutnya
2. Ada EMAS di giginya
3. Ada GAS di perutnya
4. Ada KRISTAL di kandung kemihnya
5. Ada MINYAK di darahya
6. Ada GULA di air seninya
7. Ada KAPUR di tulangnya
8. Ada PASIR di empedunya
9. Bahkan jantungnya pun ada yg pakai CINCIN.

Meski begitu, mereka umumnya tidak sombong, karena tercermin dari cara jalannya yang kian menunduk dan mereka mulai menyadari menjadi kaya tidaklah menyenangkan...😄

Jaga Kesehatanmu sebelum datang sakitmu

Saturday, October 29, 2016

8 intisari kehidupan

 
Delapan  intisari kehidupan:

1. Orang yang tidak tahu menghargai sesuatu, biarpun diberi gunung emas pun tidak akan bisa merasakan kebahagiaan.

2. Orang yang tidak bisa toleransi, seberapa banyak teman pun, akhirnya semua akan meninggalkannya.

3. Orang yang tidak tahu bersyukur, seberapa pintar pun, tidak akan sukses.

4. Orang yang tidak bisa bertindak nyata, seberapa cerdas pun tidak akan tercapai cita-cita nya.

5. Orang yang tidak bisa bekerjasama dengan orang lain, seberapa giat bekerja pun tidak akan mendapatkan hasil yang optimal.

6. Orang yang tidak bisa menabung, terus mendapatkan rejeki pun tidak akan bisa menjadi kaya.

7. Orang yang tidak bisa merasa puas, seberapa kaya pun tidak akan bisa bahagia.

8. Orang yang tidak bisa menjaga kesehatan, terus melakukan pengobatan pun tidak akan berusia panjang.
 
~Senang berbagi sebuah tulisan motivasi yang sangat bagus. Dan terima kasih jika mau share
ke orang lain.

Have a nice weekend😄

Fanky Christian
fankychristian.blogspot.com

Wednesday, October 26, 2016

Hidup Positif

🤓HiDUP POSiTiF🤗

*Hidup positif itu*....
▫membina, bukan menghina.
▫mendidik, bukan 'membidik'
▫mengobati, bukan melukai.
▫mengukuhkan bukan meruntuhkan.
▫saling menguatkan, bukan saling melemahkan.

*Hidup positif itu...*
▫mengajak, bukan mengejek.
▫menyejukkan, bukan memojokkan.
▫mengajar, bukan menghajar.
▫saling belajar, bukan saling bertengkar.
▫menasehati, bukan mencaci maki
▫merangkul, bukan memukul.
▫mengajak bersabar, bukan mengajak saling mencakar.

*Hidup positif itu.*..
▫argumentative, bukan provokatif.
▫bergerak cepat, bukan sibuk berdebat.
▫realistis, bukan fantastis.
▫mencerdaskan, bukan membodohkan.
▫menawarkan solusi, bukan mengumbar janji.
▫berlomba dalam kebaikan, bukan berlomba saling menjatuhkan.
▫menghadapi masyarakat, bukan membelakangi masyarakat.
▫memperbarui masyarakat, bukan membuat masyarakat baru.
▫mengatasi keadaan, bukan meratapi kenyataan.

*Hidup positif itu..*.
▫pandai memikat, bukan mahir mengumpat.
▫menebar kebaikan, bukan mengorek kesalahan.
▫menutup aib dan memperbaikinya, bukan mencari² aib dan menyebarkannya.
▫menghargai perbedaan, bukan memonopoli kebenaran.
▫mendukung semua program kebaikan, bukan memunculkan keraguan.

*Hidup positif itu...*
▫memberi senyum manis, bukan menjatuhkan vonis.
▫berletih-letih menanggung problema umat, bukan meletihkan umat.
▫menyatukan kekuatan, bukan memecah belah barisan.
▫kompak dalam perbedaan, bukan ribut mengklaim kebenaran.
▫siap menghadapi musuh, bukan selalu mencari musuh.

*Hidup positif itu...*
▫mencari teman, bukan mencari lawan.
▫melawan kesesatan, bukan mengotak atik kebenaran.
▫asyik dalam kebersamaan, bukan bangga dengan kesendirian.
▫menampung semua lapisan, bukan memecah belah persatuan.
▫mengatakan: "aku cinta kamu", bukan "aku benci kamu"

*Hidup positif itu...*
▫kita mengatakan: "Mari bersama kami" bukan "Kamu harus ikut kami".
▫"Habis berapa ?" bukan "Dapat berapa ?"
▫"Mendatangi"  bukan "Menunggu Dipanggil" Morning n Gbu

Fanky Christian
fankychristian.blogspot.com

Tuesday, October 25, 2016

RAKSASA SOMBONG

NOKIA dulu menyebut ANDROID sebagai semut kecil merah yang mudah digencet dan mati. Arogansi dan rasa percaya diri yang berlebihan membuat Nokia terjebak dalam innovator dilema. Sejarah mencatat, yang kemudian mati justru Nokia – tergeletak kaku dalam kesunyian yang perih.

KODAK menyebut kamera digital hanyalah trend sesaat, dan kamera produksi mereka akan terus bertahan. Kodak terjebak halusinasi dan innovator dilema yang akut. Akibatnya, ruangan ICU yang pengap menanti raga mereka yang merintih kesakitan.

INTEL dan MICROSOFT (Dominasi yang dulu dikenal dengan duo Wintel) terlalu menikmati kekuasannya dalam dunia PC dan Laptop, dan pelan-pelan terjebak innovator dilemma. Mereka terbuai dengan kekuasaannya, dan lengah betapa dramatis kecepatan kemajuan era mobile computing.
Kini era PC/Laptop sudah hampir berakhir, diganti era mobile smartphone. Dan hegemoni Microsoft serta Intel kian menjadi tidak relevan dalam era smartphone. Intel dan Microsoft lalu hanya duduk saling bertatapan mata, diam dan termangu. Dalam rasa penyesalan yang pedih dan pahit. Namun dalam bisnis, penyesalan tidak pernah mendapat tempat terhormat.

PIZZA HUT terus menerus mengenalkan menu baru setiap enam bulan. Sabun LIFEBOY ber-kali-kali melakukan rejuvenasi. FACEBOOK dan BUKALAPAK juga selalu melakukan evolusi.

NOKIA kolaps dihantam IPHONE di tahun 2007, padahal produsen iPhone bukan perusahaan telko, namun dari industri komputer.
Koran dan majalah mati bukan karena sesama rivalnya, namun karena Facebook dan Social Media (remaja dan anak muda tak lagi kenal koran/majalah kertas. Mereka lebih asyik main Path, IG atau FB. Pelan tapi pasti industri koran dan majalah akan mati).

Televisi seperti RCTI, Trans dan SCTV kelak akan kolaps bukan karena persaingan sesama pemain di industri yang sama, tapi dari makhluk alien bernama YOUTUBE. Di Amerika, jumlah pemirsa televisi dikalangan anak muda dan remaja, menurun drastis. Dan semua lari ke Youtube.
Ini juga kelak akan terjadi di Tanah Air.

Industri taksi seperti BLUE BIRD goyah bukan karena pesaing sesama taksi, namun dari layanan taksi independen berbasis aplikasi. Di banyak negara, banyak perusahaan taksi konvensional mati digilas UBER dan layanan taksi berbasis aplikasi lainnya.

Dan kini produsen TOYOTA, BMW dan MERCEDES BENZ takut bukan karena persaingan sesama mereka. Namun karena kehadiran TESLA, yang entah dari mana tiba-tiba melakukan inovasi radikal dengan produk mobil berbasis elektrik, dengan teknologi mobil tanpa sopir atau otonom (Autopilot Hardware)--(Mobil seri Tesla3 terjual hingga 300 ribu unit hanya dalam dua hari, padahal unitnya baru dirilis 2018. Jadi indennya dua tahun).

Manusia yang dapat segera beradaptasi dengan perubahan keadaan lingkungannya maka dia akan survive. Jika tidak dapat beradaptasi perubahan maka mereka akan tersingkir dan punah dari lingkungannya. Ide perubahan dan kreatif adalah salah satu wujud syukur.
Kuncinya adalah kerendahan hati dan mau belajar dari kelebihan orang lain, jangan pernah meremehkan apapun dan siapapun.

Copas dari berbagai Sumber

Fanky Christian
fankychristian.blogspot.com

PERTARUNGAN BISNIS MODEL

PERTARUNGAN BISNIS MODEL

CEO Words
Senin, 24 Oktober 2016

Beberapa bulan yang lalu, kita dikejutkan dengan demo supir taksi yang terjadi di Jakarta. Para supir Blue Bird protes atas maraknya armada Taksi Online. Uber dan Grab berhasil mengambil bagian besar dari market taksi di jabodetabek.

Jika kita melihat kasus diatas, kita akan menemukan sebuah fakta baru dalam dunia bisnis. Produknya sama : layanan taksi berbayar. Namun yang berubah bagaimana Grab dan Uber mengubah bisnis modelnya.

Blue Bird sebagai perusahaan taksi konvensional memiliki pola bisnis model sebagai berikut : supirnya adalah karyawan bluebird, kendaraannya adalah milik bluebird, perawatan kendaraan menjadi tanggung jawab blue bird dan kendaraan harus diparkir di pool blue bird.

Konsep bisnis konvensional ini membuat Blue Bird harus mengeluarkan investasi yang tidak sedikit. Maka perlu puluhan tahun lebih bagi Blue Bird untuk mencapai jumlah armada yang ada saat ini.

Uber dan Grab Taxi memiliki pendekatan bisnis model yang berbeda, keduanya sama-sama melayani layanan transportasi berbayar, namun mereka mengubah "resources" yang semula milik sendiri menjadi "partnership". Keduanya memutuskan untuk : gak perlu punya kendaraan sendiri, supir gak perlu karyawan, gak perlu perawatan dan gak perlu menyediakan lahan parkir. Semuanya bermitra. Mereka memutuskan menjadi media platform yang hanya mempertemukan penumpang dan pengendara. Lalu mengaturnya agar nyaman dan terstandardisasi.

Maka, pertempuran sudah tidak lagi pada produknya. Produknya sama-sama saja. Kita sebagai penumpang merequest armada, lalu kita diantar ke tujuan dan membayar. Sistem argo pun berjalan. Namun disini, rendahnya cost dari uber menyebabkan harga argo taksi online lebih murah dari taksi konvensional. Sekali lagi, peperangan terjadi pada bisnis modelnya.

***

Di dunia kuliner, kita mengenal gerai cepat saji yang menjamur di Indonesia. KFC dan McD. Dahulu, keduanya memutuskan untuk menjadi restoran "dine in", atau makan di tempat. Bagi generasi 1980an seperti Saya, makan di KFC merupakan hiburan keluarga yang mahal momennya.

Namun sekarang, makan di gerai cepat saji sudah masuk dalam "makan harian". Jika Anda lapar dan dalam perjalanan, ya sudah ke KFC saja. Jadi bukan lagi aktivitas makan "rekreasi". Harganya pun sudah tergolong terjangkau.

Pola ini menyebabkan KFC dan McD masuk dalam makanan primer. Karena bukan lagi wahana makan rekreasi, market KFC dan McD tidak masalah jika harus memakannya di rumah, di kendaraan atau di kantor. Maka "dine in" bukan lagi menjadi "Value Proposition" dari kedua gerai ini.

Kedua gerai ini langsung mengubah bisnis modelnya, mari kita lihat beberapa tanda-tanda berikut ini :

1. Keduanya membangun gerai yang ramah drive-through. Jadi Anda bisa pesan sambil berkendara, tidak perlu turun dari mobil.

2. Keduanya kini menusatkan perhatiannya pada kanal delivery. Baik 14045 ataupun 14042. Bahkan keduanya telah serius membangun aplikasi pesan antar yang komprehensif. Mudah bagi pelanggan untuk pesan makanan dimana saja.

3. Keduanya mulai membangun divisi catering. Terutama KFC yang sangat agresif memperkenalkan unit cateringnya di pintu depan mereka. Bahkan mereka membangun divisi catering ini secara serius, untuk melayani acara ulang tahun atau syukuran di rumah-rumah pelanggannya, KFC menyediakan tenda, speaker dan badutnya. Lengkap dan serius.

4. Keduanya mulai membangun gerai yang tidak terlalu besar. Hal ini sangat mencolok pada gerakan McD ketika membuka gerai di Semplak Bogor. Kapasitas kursi dine in nya terhitung sangat kecil. Ini adalah bahasa bahwa mereka gak berharap banyak yang "dine in".

Namun kita bisa melihat armada pesan antarnya yang sangat banyak. Gerakan ini seakan menunjukkan bahwa McD bukan sedang membangun gerai, dia sedang membangun dapur untuk melayani pesan antar di area sekitaran sempalak atau Bogor Barat.

5. Keduanya saat ini memiliki divisi Cafe. Ini adalah bahasa bahwa Anda tidak perlu merencanakan dine in di McD. Gak perlu makan besar. Ngopi-ngopi dan nongkrong-nongkrong juga boleh.

Terlihat jelas ya, produknya sama : sama-sama Ayam pake nasi. Tetapi bisnis modelnya berbeda. Yang dahulu kanal salesnya dipusatkan di dine in, sekarang menjadi kanal delivery.

***

Telkom Indonesia membangun jaringan kabel diseluruh negeri. Mereka hadir pada awalnya sebagai jejaring komunikasi fix line phone di Indonesia. Darisanalah mereka mendapatkan revenue stream yang luar biasa. Sekian puluh juta rumah di Indonesia kemudian membayar tagihan telepon rutin setiap bulannya.

Zaman berubah, teknologi GSM membuat jejaring fix line ditinggalkan. Walau akhirnya market GSM masih berada di Telkom Group dengan Telkomselnya, tetapi jajaran manajemen Telkom harus berfikir keras akan asset infrastruktur yang mereka sudah bangun di negeri ini.

Melalui jaringan kabel dan tiang-tiang Telkom, Telkom kemudian merubah bisnis model mereka. Kali ini, perubahan terjadi pada produk dan sedikit penambahan di infrastruktur. Telkom kemudian membangun produk triple play : layanan telepon rumah + TV berlangganan + internet dalam 1 layanan : IndieHome.

Dengan 300ribu an, satu rumah dapat menikmati layanan indiehome. Kecepatan internet melalui serat optik ini rata-rata dipakai di 10 MBps. Tidak hanya itu, pelanggan juga bisa menikmati UseeTV dan tidak lupa produk lama sang telepon fix line.

Bisnis modelnya berubah. Perusahaannya sama, jaringannya sama, tiang-tiangnya sama. Tapi yang dijual berbeda. Layanan berbeda.

***

Sekalian Saya bahas tentang Telkomsel. Jika kita mengingat bagaimana Telkomsel hadir, pada awalnya perusahaaan raksasa seluler ini hadir dengan produk voice dan text messaging. Maka Telkomsel mengambil penghasilan yang besar di air time dan sms text.

Seiring teknologi informasi yang berkembang, kini kita dengan mudah dapat menggunakan WA untuk berkomunikasi dengan teks. Bahkan whatsapp call pun memudahkan kita untuk komunikasi dengan basis data kuota.

Maka Telkomsel perlahan bertransformasi dari perusahaan komunikasi menuju perusahaan digital. Perlahan Telkomsel mulai banyak menjual layanan data. Walau voice dan teks masih mengambil porsi lebih dari 50%, tetapi perubahan bisnis model ala Telkomsel sudah sangat terasa.

Perhatikan T-Cash, Telkomsel kemudian perlahan merambah industri payment. Lalu coba juga perhatikan produk-produk Telkomsel seperti blast sms. Semua itu menunjukkan bahwa ada penambahan varian produk pada bagian "Value Proposition" pada bisnis model.

***

Perang bisnis model ini juga Saya sedang uji di bisnis stasiun TV. Dahulu program TV mencari revenue melalui placement iklan pada program, entah itu spot TVC ataupun super impose on screen saat program berlangsung. Makin banyak penonton dalam sebuah program acara TV, maka makin banyak pengiklan yang akan memasang iklan di program tersebut. Dan tinggilah income stasiun TV.

Maka programming akhirnya terus berfikir bagaimana menayangkan program yang hi-rating, supaya hi-income. Namun seiring perubahan jaman, fasilitas beriklan kini makin menantang.

Dengan posisi user facebook di angka hampir menuju 90 juta di Indonesia, maka layanan beriklan dari FB lebih menjanjikan. FB Ads kemudian memfasilitasi pengiklan untuk menentukan kepada siapa mereka mau menampilkan iklan yang dipasang.

Bagi pemasang iklan (perusahaan), memasang iklan di kanal digital lebih jelas sasarannya, lebih segmented, lebih terukur dan murah. Sedangkan stasiun TV pada umumnya hanya berbekal data analisis dari surveyor. Rating program anu sekian, kira-kira ditonton sekian orang, pada usia di range sekian. Semua adalah data perkiraan dari sampling. Dan bukan data solid.

Maka program TV kemudian harus sedikit mengubah bisnis modelnya. NET TV termasuk yang cukup cepat memahami ini. Hampir semua tayangan NET TV dapat dinikmati di kanal digital. Proses windowing program NET TV ini membuat sebuah program dapat diukur views nya secara digital. Seperti Youtube atau Zulu. Dan disanalah monetize dilakukan.

Para aktivis dunia broadcast juga mengubah cara mainnya. Dulu Production house mati-matian membangun sebuah program. Lalu dijual ke stasiuan TV. Saat ini, muncul PH2 kreatif yang membuat program tayangan pendek di kanal youtube. Mereka para youtubers kemudian mendadak menjadi miliarder dengan jutaan viewers di kanal youtube. Karena youtube akhirnya membayar mereka berdasarkan viewers. Dan youtube mendapatkan uang dari pengiklan. Youtube menjadi "stasiun TV" baru yang hadir tanpa konten, namun kontennya terus terusan ada, sekitar jutaan video permenit nya. Brrrrrr....

Perhatikan, pertarungannya pada bisnis model. Produknya mirip : tayangan bergerak dan bersuara yang ada di layar.

InsyaAllah, akan hadir program TV yang memiliki bisnis model yang berbeda.

***

Di dunia edukasi bisnis, Saya pun merevolusi bisnis model yang ada. Biasanya seorang pendidik bisnis harus melakukan edukasi secara off air. Sehingga terjadi kebutuhan resources yang besar terhadap waktu dan dana.

Di titik waktu, seorang pendidik harus menyediakan waktu perjalanan yang tidak sedikit. Di titik keberjalanan materi, jika proses materinya beralur, maka seorang pendidik harus mendedikasikan waktunya dalam rentang waktu yang cukup panjang. Tak jarang seorang pendidik harus menyampaikan hal yang sama berulang dan berulang. Peserta pun harus menyediakan waktu belajar yang cukup panjang, dan biasanya berbenturan dengan weekend : jadwal bersama keluarga.

Di titik dana, pola pendidikan off air membutuhkan dana yang tidak sedikit. Harus sewa tempat, harus bayar transport dan akomodasi pembicara, harus bayar tim EO, dan sejumlah biaya lainnya.

Bisnis model edukasi bisnis diatas kemudian Saya ubah dengan pendekatan online ala duakodikartika.com, materi yang ada sebenarnya adalah materi ajar Saya di Offline, kemudian Saya rekam dan letakkan di platform khusus yang hanya dapat dilihat oleh member.

Untuk 99 track pengajaran berbeda topik, duakodikartika.com hanya mencharge sekitar 495.000,00 ke para peserta member. Dan 3000 orang lebih telah mendaftar di paltform ini. Mereka bisa belajar kapan saja dan dimana saja. Dan harganya sangat sangat murah, seperti mengikuti 99 seminar. Diskusi pun dapat disampaikan kapan saja melalui FB Group. Dan yang respon atas kasus bisnis pun bisa dari member yang ada. Positif. Sinergis. Dan lebih memudahkan.

Produknya sama : sama-sama layanan edukasi bisnis, namun bisnis modelnya diubah. Yang semula pengajaran langsung, saat ini berubah jadi pengajaran tidak langsung melalui kanal online. Pertumbuhan jaringan broadband di Indonesia, murahnya paket kuota, tersedianya banyak titik wifi gratis, smartphone yang makin murah, membuat bisnis model pembelajaran online menjadi relevan.

***

Indonesia membutuhkan anak muda yang berani merevolusi bisnis model. Dunia berkembang pesat. Teknologi berkembang cukup pesat. Dan semua itu mengubah pola perilaku market. Terjadi perubahan pada cara Market berfikir, merasa dan memenuhi kebutuhan hidupnya.

Asas utama pasar yang tidak akan berubah adalah : pasar/pembeli akan mencari layanan yang lebih murah dan lebih banyak manfaatnya. Ini yang gak bisa dilawan.

Pengiklan di TV mulai merasakan ketidak efektifan iklan di TV, mereka mulai membagi budget iklannya ke kanal digital. Ini fakta.

Pengguna taksi merasakan layanan uber dan grab yang lebih murah dsri taksi konvensional. Dan ini tidak bisa dilawan. Penumpang berpindah.

Pengguna seluler tidak lagi banyak memakai voice call dan text messaging. Tidak mungkin Anda memaksa pasar untuk memakai sms sementara mereka bisa berkomunikasi murah via WA.

Maka, tidak ada lagi alasan untuk anti pada perubahan bisnis model.

Pertarungan tidak terjadi pada produk dengan produk. Tetapi antara bisnis model dengan bisnis model.

Semoga manfaat

Rendy Saputra
CEO KeKe Busana
Pengajar di sekolah bisnis duakodikartika.com

=========================

Informasi :
- Bagi yang ingin berlangganan tulisan Saya via whatsapp silakan kirim nama-domisili via WA ke 081288407094. Save nomor ini dengan nama Zid Club

- dipersilakan mengopaste dan share tulisan ini asalkan disertai seluruh identitas penulis sampai bagian ini.

PEMIMPIN YANG MELAYANI

PEMIMPIN YANG MELAYANI

Dalam suatu pertemuan bisnis, seorang atasan memerintahkan salah satu bawahannya membuatkan kopi baginya dan tamunya. Di dapur, si bawahan mengeluh pada rekannya. Ia merasa tersinggung diperintah seperti itu. Rekannya menjawab, "Lalu apa seharusnya si bos yang membuatkan kopi untuk kamu dan tamu itu?"

Ya, begitulah yang normal, bukan? Seorang bawahan melayani atasannya, dan bukan sebaliknya. Itu sebabnya, tindakan Yesus membasuh kaki murid-murid-Nya sangatlah janggal.

Membasuh kaki orang lain adalah kegiatan yang dipandang sangat rendah. Pekerjaan hina itu dikhususkan bagi seorang budak. Karena itu, sungguh tidak patut para rasul membiarkan kaki mereka dicuci oleh Yesus, yang adalah guru dan Tuhan mereka! Tetapi, Tuhan Yesus memang sengaja melakukannya. Dia bermaksud mengajar kita untuk tidak menjadi sama dengan dunia, yang menuntut orang yang lebih rendah statusnya untuk melayani mereka yang lebih tinggi. Sebaliknya, Dia memanggil kita menjadi pelayan bagi semua orang, terutama mereka yang berstatus lebih rendah dari kita.

Inilah konsep pelayanan yang harus kita pegang, terutama dalam kehidupan bergereja. Status sebagai pengurus, majelis, pendeta, atau posisi kepemimpinan lain di gereja tidak membuat kita menjadi seperti bos di sebuah perusahaan. Sebaliknya, status itu justru membuat kita harus lebih siap diperlakukan dan berlaku sebagaimana layaknya seorang pelayan. Siap mengerjakan tugas apa pun, termasuk yang dipandang rendah, untuk melayani orang lain. --ALS/Renungan Harian
    
SEORANG PEMIMPIN HARUSLAH MELAYANI MEREKA YANG DIPIMPINNYA

sumber: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2016/10/25/

Saturday, October 22, 2016

Kedermawanan Hati

☆••☆KEDERMAWANAN HATI☆••☆                   

Kita hidup dalam perekonomian yg berkembang di negeri ini.

Baik yg kaya maupun yg miskin sama² berusaha,
tak hanya dalam mencari materi,
n a m u n juga mencari Berkat.

Kemapanan, Kekayaan, & Kemakmuran itu memang tak hanya selalu di ukur dgn nominal uang yg kita miliki,
Seperti apa yg di ajarkan oleh ayah yg satu ini.

Ada seorang anak lelaki yg tak suka pada ayahnya,
sbab sang ayah hanya pekerja serabutan yg tidak sukses & tidak kaya.

Ayahnya tidak pintar,
karena itu pekerjaan yg di lakukan hanya seadanya & sering di remehkan orang.

Butuh kerja keras untuk bisa mendapatkan sesuatu & bocah bernama Lim ini sangat tak suka dgn hal itu.

Setiap kali ada uang,
sering di sisihkan & di masukkan celengan,
membuat binar senyuman bocah lelaki itu segera sirna & bertanya,
"Kenapa kita miskin?"

Sang ayah dgn wajah yg tak kehilangan senyumnya menjelaskan pada Lim,
"Siapa bilang kita tidak kaya?

KAYA ITU BUKAN TENTANG BERAPA BANYAK YG KAU PUNYA,

n a m u n BERAPA BANYAK YG BISA KAU BERIKAN." ujarnya sambil memainkan trik sulap pada sang anak.

Namun Lim tetap tak menyukai hal itu.

Lim tidak ingin ketika dewasa nanti,
ia menjadi seperti ayahnya yg miskin & tidak kaya.

Kisah ini mengingatkan kita bahwa kadang kita sering mengartikan keadaan yg terjadi pada hidup kita.

Kita merasa paling miskin & menderita,
padahal sebenarnya kita tidak seperti itu.

Mungkin kita tak punya uang,
tapi kita bisa memberikan banyak KEBAHAGIAAN & SENYUMAN bagi orang lain.

Uang bisa membeli apapun yg kita butuhkan untuk menyenangkan diri saat sedih,

N a m u n jangan lupa bahwa TUHAN menciptakan banyak sumber kebahagiaan,

Misalnya dgn berbagi dgn orang lain,

S e h i n g g a kita bisa Sama² Merasakan Indahnya hidup.

"Setiap jalan orang adalah lurus menurut pandangannya sendiri,
tetapi TUHANlah yang menguji hati."
(Amsal 21:2)

Goϑ ϐlešš Yoυ

Fanky Christian
Director
PT. DAYA CIPTA MANDIRI SOLUSI
mobile: 62-812-1057533 / 0881-8857333
skype: fankych1211
   

Friday, October 21, 2016

KUNCI UNTUK MEMBUAT HIDUP ANDA LEBIH BAIK

*""Dikutip dari Buku Karya Ausberg 49 tahun buku yang berjudul*
*"THE LAST LECTUR  E"*
*(Pengajaran Terakhir)* yang menjadi salah satu buku best-seller di tahun 2007.""
----
*KUNCI UNTUK MEMBUAT HIDUP ANDA LEBIH BAIK,*

terdiri atas 
*--Personality,*
*--Community* and
*--Life.* 

Berikut penjelasannya:

   *A.  PERSONALITY:*

*1*. Jangan membandingkan hidup Anda dengan orang lain karena Anda tidak pernah tahu apa yang telah mereka lalui.

*2.* Jangan berpikir negatif akan hal-hal yang berada diluar kendali Anda, melainkan salurkan energi Anda menuju kehidupan yang dijalani saat ini, secara positif

*3.* Jangan bekerja terlalu keras, jangan lewati batasan Anda.

*4*. Jangan memaksa diri Anda untuk selalu perfect, tidak ada satu orang pun yang sempurna.

*5.* Jangan membuang waktu Anda yang berharga untuk gosip.

*6*. Bermimpilah saat anda bangun (bukan saat tertidur).

*7*. Iri hati membuang-buang waktu, Anda sudah memiliki semua kebutuhan Anda.

*8*. Lupakan masa lalu. Jangan mengungkit kesalahan pasangan Anda di masa lalu. Hal itu akan merusak kebahagiaan Anda saat ini.

*9.* Hidup terlalu singkat untuk membenci siapapun itu. Jangan membenci.

*10*. Berdamailah dengan masa lalu Anda agar hal tersebut tidak menganggu masa ini.

*11*. Tidak ada seorang pun yang bertanggung jawab atas kebahagiaan Anda kecuali Anda.

*12*. Sadari bahwa hidup adalah sekolah, dan Anda berada di sini sebagai pelajar. Masalah adalah bagian daripada kurikulum yang datang dan pergi seperti kelas aljabar (matematika) tetapi, pelajaran yang Anda dapat bertahan seumur hidup.

*13*. Senyumlah dan tertawalah.

*14*. Anda tidak dapat selalu menang dalam perbedaan pendapat. Belajarlah menerima kekalahan.

      *B. COMMUNITY:*

*15.* Hubungi keluarga Anda sesering mungkin

*16. Setiap hari berikan sesuatu yang baik kepada orang lain.

*17*. Ampuni setiap orang untuk segala hal

*18.* Habiskan waktu dengan orang-orang di atas umur 70 dan di bawah 6 tahun.

*19*. Coba untuk membuat paling sedikit 3 orang tersenyum setiap hari.

*20.* Apa yang orang lain pikirkan tentang Anda bukanlah urusan Anda.

*21*. Pekerjaan Anda tidak akan menjaga Anda di saat Anda sakit, tetapi keluarga dan teman Anda. Tetaplah berhubungan baik

           *C. LIFE:*

*22*. Jadikan Tuhan sebagai yang pertama dalam setiap pikiran, perkataan, dan perbuatan Anda.

*23.* Tuhan menyembuhkan segala sesuatu.

*24.* Lakukan hal yang benar.

*25.* Sebaik/ seburuk apapun sebuah situasi, hal tersebut akan berubah.

*26*. Tidak peduli bagaimana perasaan Anda, bangun, berpakaian, dan keluarlah!.

*27.* Yang terbaik belumlah tiba.

*28*. Buang segala sesuatu yang tidak berguna, tidak indah, atau mendukakan.

*29.* Ketika Anda bangun di pagi hari, berterima kasihlah pada Tuhan untuk itu.

*30.* Jika Anda mengenal Tuhan, Anda akan selalu bersukacita. So, be happy.

Mati tdk menunggu Tua....Mati tidak menunggu sakit...nikmati hidup....sebelum hidup tidak bisa di nikmati.

*Sahabatku !,*
*Saat membaca dan selesai menyimak semua hal di atas, kami mohon kepada sahabatku  untuk membagikan tulisan ini kepada "orang" yang kita cintai, "teman" sepermainan kita, "teman" kantor, maupun "orang" yang tinggal dengan kita.*

*Pengetahuan ini tidak hanya akan memperkaya kita, tetapi juga orang disekeliling kita*.

Fanky Christian
fankychristian.blogspot.com

Thursday, October 20, 2016

Ahok Dan Yesus

" Yesus pun Kalah Voting "

Suatu hari Ahok ditanya oleh seorang temannya sesama Kristen.
" Hok, kenapa kamu kalo kampanye ga bagi2 sembako atau bawa dokter buat pengobatan gratis ? "

Ahok pun menjawab.
" Kamu tahu ga, Yesus pun dah bagi-bagi sembako ke 5000 orang, sisa 12 keranjang, plus nyembuhin orang sakit. Pake ngidupin orang mati segala, dia tetep kalah voting. "

" Kalah voting gimana ? " tanya temannya.

" Lha itu, di depan Pilatus, waktu didakwa sblm disalib. Bahkan Pilatus dah black campaign segala buat voting ngebelain Yesus, tetep aja Yesus kalah voting.

Pilatus kan bilang, ' hari ini gue lagi baik hati, pilih satu yang dibebasin: Yesus orang baik, atau Barabas orang jahat ' Nah udah sampe segitunya lho.

Yesus tetap kalah voting.
Mayoritas kan pada milih Barabas, " Kata Ahok.

"Jadi belajar dari Yesus kalah voting, aku menangkap kalo sembako dan pengobatan gratisan itu tidak mampu membeli nurani manusia.

Itu cuma bikin mereka kagum sebentar aja. Begitu divoting mereka berpindah hati.

Tapi, kamu tahu apa membuat banyak orang jadi followernya Yesus sampe sekarang ?

Justru, karena kesaksian orang2 yg selalu bersama dengan Yesus.

Mereka lihat bagaimana dia bekerja keras dan berkomitmen membela yang lemah, miskin, cacat, dan tersingkir.

Nah, jadi aku belajar dari situ.

Mending aku kerja keras membela masyarakat kecil bikin keadilan sosial yang luas buat banyak orang.

Daripada bagi-bagi sembako dan pengobatan gratis.

Mereka yang melihat kerja kerasku sehari-hari akan terketuk hatinya ".

*# " Lah Yesus yg kayak gitu aja kalah voting, apalagi gue, " jawabnya mantap sambil ngeloyor.#*

🏃🏻🏃🏻😜

Refleksi Ahok di suatu Gereja, diceritakan dan diinterpretasikan ulang oleh Desideria Cempaka. 🙏😇💒

*disclaimer : Bukan syiar bukan sihir😂cuman sharing ya. Bantu bc kl sdr/sdri setipe Ahok & se7. 👍😘👏  󲜐

Fanky Christian
fankychristian.blogspot.com

Wednesday, October 19, 2016

Have You M.L, SEX every second ?

Have You M.L, SEX every second ?

M agnified
L everage
And
S mile
E very
X citement
Every second counts, appreciate what we have, enjoy every second.....

*- SERBA ORANG  LAIN*

Lahir : Dilakukan oleh *orang lain*
Nama : Diberikan oleh *orang lain*
Pendidikan : Diberikan oleh *orang lain*
Gaji : Diberikan oleh *orang lain*
Kehormatan : Diberikan oleh *orang lain*
Mandi pertama & terakhir : Dilakukan oleh *orang lain*
Harta setelah meninggal : Diambil oleh *orang lain*
Pemakaman : Dilakukan oleh *orang lain*

*jadi apa hebatnya kita kenapa harus mempunyai rasa ego yg tinggi & sombong*❓

Ini perkataan Steve Jobs pemilik kekayaan Rp. 67T (Forbes).

Kata2 terakhirnya menjelang maut menjemputnya :

Dalam dunia bisnis, aku adalah simbol dari kesuksesan, harta & diriku tidak terpisahkan, karena selain kerja, hobiku tak banyak.

Saat ini aku berbaring di RS, merenungi jalan kehidupanku, kekayaan, nama & kedudukan, semuanya itu tidak ada artinya lagi.

Malam yang hening, cahaya & suara mesin disekitar ranjangku, bagaikan nafasnya maut kematian yang mendekat padaku.

Sekarang aku mengerti, seseorang asal memiliki harta secukupnya untuk digunakan dirinya saja itu sudah cukup. Mengejar kekayaan tanpa batas itu bagaikan monster yang mengerikan.

Tuhan memberi kita organ2 perasa, agar kita bisa merasakan cinta kasih yang terpendam dalam hati kita yang paling dalam. Tapi bukan kegembiraan yang datang dari kehidupan yang mewah — itu hanya ilusi saja.

Harta kekayaan yang aku peroleh saat aku hidup, tak mungkin bisa aku bawa pergi. Yang aku bisa bawa adalah kasih yang murni yang selama ini terpendam dalam hatiku. Hanya cinta kasih itulah yang bisa memberiku kekuatan & terang.

Ranjang apa yang termahal di dunia ini❓Ranjang orang sakit.
Orang lain bisa membukakan pintu mobil untukmu, orang lain bisa bekerja untukmu, tapi tidak ada orang bisa menggantikan sakitmu. Barang hilang bisa didapat kembali, tapi nyawa hilang tak bisa kembali lagi.

Saat kamu masuk ke ruang operasi, kamu baru sadar bahwa kesehatan itu betapa berharganya.
Dengan jalannya waktu, suatu saat akan sampai tujuan. Bagaikan panggung pentas pun, tirai panggung akan tertutup, pentas telah berakhir.

Yang patut kita hargai & sayangkan adalah hubungan kasih antar keluarga & juga kasih persahabatan antar-teman.

Smart Action 😀

*HARGAI SETIAP DETIK DALAM KEHIDUPAN KITA, ISI HIDUP KITA DENGAN PERKARA2 YANG TIDAK BISA DIBELI DENGAN UANG*.

Fanky Christian
fankychristian.blogspot.com

Serba 3 Hal

Sekedar mengingatkan kembali...hal2x menarik dan bermanfaat berikut ini :

💐 Ada 3 Hal dlm hidup yg tidak akan kembali :
     1. Waktu 🕐
     2. Kata-kata😌
     3. Kesempatan

💐 Ada 3 Hal yg dpt menghancurkan hidup seseorg :
      1. Kemarahan
      2. Keangkuhan
      3. Dendam 👹

💐 Ada 3 Hal yg tdk boleh hilang :
      1. Harapan 😊
      2. Keikhlasan 😇
      3. Kejujuran 😇

💐 Ada 3 Hal yg menyegarkan :
     1. Kata2 bijak 👪
     2. Hati yg gembira
     3. Minum air putih

💐 Ada 3 Hal yg paling berharga :
     1. Kasih Syg 👪
     2. Cinta 💘
     3. Kebaikan 😇

💐 3 Hal dlm hdp yg tkk pernah pasti :
     1. Kekayaan 💰
     2. Kejayaan 🎓 
     3. Mimpi 💤

💐 Ada 3 Hal yg mbentuk watak seseorg :
     1. Komitmen 👌
     2. Ketulusan 🙏
     3. Kerja keras 💪

💐 Ada 3 Hal yg mbuat kt sukses :
     1. Tekad ✊
     2. Kemauan 👆
     3. Fokus ☝

💐 Ada 3 Hal yg tdk pernah kt tahu :
    1. Rezeki 💎
    2. Umur 👶�
    3. Jodoh 💑

TP, ada 3 Hal dlm hidup yg PASTI & TDK DPT DI ELAKKAN :
     1. Tua 👵
     2. Sakit 🏥
     3. Mati 👼

Pada akhirnya hanya 3 hal ini yg harus dimiliki :
   1. Hubungan dgn Allah
   2. Hubungan dgn makhluk Allah
   3. Berharap Rahmat dan Ridho Allah.

Fanky Christian
fankychristian.blogspot.com

Tuesday, October 18, 2016

Para Pemimpin yang Tersingkir - Putu Putrayasa

 ~ Para Pemimpin yang Tersingkir ~

Mungkin judul artikel saya kali ini agak berlebihan, namun saya kira ini penting, untuk mengingatkan diri kita, yang saat ini menjadi pemimpin baik itu organisasi, bisnis milik sendiri, atau dalam sebuah institusi pendidikan, Media, Perbankan, Properti,  maupun organisasi Bisnis Lainnya.

Dari belasan bisnis yang saya Take Over dalam 3 tahun terakhir, saya melihat bahwa ada 3 Hal utama yang menyebabkan organisasi gagal dalam Persaingan yang semakin Gencar dan mematikan. Bisnis pun bertumbangan, dan gagal menjaga keberlangsungan bisnisnya.

Itulah alasan..
Para pemimpin ini, akan tersingkir dari organisasi, diganti oleh orang lain, itu pun jika sempat, karena kalau tidak, bisnisnya telah tergantikan oleh perusahaan atau institusi lain.

1. Gagal Komunikasi Digital
Apakah anda masih mengandalkan Meeting dan konsultasi Offline untuk menggerakkan Organisasi? Jika iya, kegagalan sudah menunggu di depan sana.

Sejak Obama memenangkan Pemilu, dengan dukungan Medsos, mata para pemimpin dunia terbelalak dan terbuka, bahwa kepemimpinan alias Pengaruh, bisa dimenangkan secara Digital. Organisasi dapat digerakkan melalui Medsos. Jokowi dan Ahok, membuktikannya dalam pemilukada DKI beberapa tahun Silam. JASMEV - Jokowi Ahok Social Media Volunter - mereka, berhasil menumbangkan Dukungan Partai yang jauh lebih besar. Media Konvensional pun tak berdaya, melawan trending topic yang terjadi di Medsos, dan menjadikan Topik-topik hangat di Medsos sebagai Topik Utama berita mereka.

Kesimpulan saya, pemimpin yang gagal membawa organisasinya bertransformasi menuju komunikasi digital, akan merambah kepada kegagalan-kegagalan berikutnya.

Karena komunikasi Digital Saat ini, adalah senjata yang bukan rahasia lagi, bagaimana Gojek, Uber, Grab, Agoda, Traveloka dll yang berbagai perusahaan yang telah mapan sejak puluhan tahun silam.

2. Gagal Inovasi Produk (Jasa)

Organisasi yang gagal berkomunikasi Digital, akan gagal membangun Business Model yang kokoh. 9 Blok dalam Business Model Canvas, jika dibangun dengan Komunikasi standar, meeting offline, instruksi offline, menunggu SK baru bergerak, dll. Akan membuat organisasi Bergerak Lambat.

Organisasi Digital bergerak Cepat, Harapan Customer Segment, perlu dibaca dengan Cepat. Customer Relationship dibangun secara digital dan cepat. Value Proposition, dirancang secara cepat, begitu juga Key Partner, Key Resource dan Key Activities, melibatkan kegiatan-kegiatan digital yang identik dengan kecepatan yang sistematis.

Tanpa Komunikasi digital, pastilah organisasi yang dibangun adalah organisasi yang lamban dan gagal menangkap kebutuhan dan keinginan  konsumen. Sehingga Organisasi Gagal Membangun Revenue Stream yang mampu membiayai Cost Structure perusahaan.

Mengapa? Karena Inovasi yang lambat menghasilkan kecepatan layanan yang lambat dan akhirnya Konsumen kecewa kepada Organisasi atau Institusi, baik karena kualitas produk maupun layanan yang dihasilkan organisasi.

3. Gagal Cash Flow
Akhir cerita organisasi ini adalah tercermin pada Cash Flow dan Laporan keuangan. Profit Nihil dan Cash Flow Pun berdarah-darah, tidak mampu untuk mempertahankan Keberlangsungan Organisasi.

Tidak ada pilihan lain, Rasionalisasi alias perampingan Organisasi yang berarti perampingan Cash Out harus dilakukan, Jika Pilihan lain tidak tersedia.

Tentu, tidak bisa dipungkiri, Pasukan Kalah Perang, Jendral dan Para Perwiranya lah yang bertanggung jawab. Resikonya tentu adalah Demosi atau PHK.

Genaplah judul Artikel ini, mengenai "Pemimpin Yang Tersingkir" Yang dimulai dari Para Pemimpin, mulai dari level Supervisor, Manajer hingga Direksi yang enggan dan lambat bertransformasi di Era Digital.

Hal ini sudah terlihat dari belasan Perusahaan, yang akhirnya di Take Over Oleh Hebat Group 3 Tahun terakhir. Mereka layak di Take Over dalam karena gagal dalam Transformasi, di era perubahan yang serba cepat ini.

Ketika BERNAS di Take Over Hebat Group, tema 2015 menjadi "Sinergize to Optimize". Tahun ini, Ultah BERNAS ke 70, 2016, Saya Mulai Menggaungkan "Digitalizing Sinergy".

Seluruh Organisasi, dipacu berkomunikasi secara digital. Di awali Oleh WA Group, Software Zahir menggawangi Pelaporan secara online, Pembentukan Digital Sales Team, Koordinasi via Teleconference, meeting menggunakan Mindmapper dll.

Semua dipacu menuju KECEPATAN dalam Persaingan. Struktur Manajemen yang enggan berkomunikasi digital, harus digantikan atau dikeluarkan dari Organisasi, daripada Kapalnya Tenggelam.

Daripada "Institusinya Tersingkir" jauh lebih baik, memberi kesempatan kepada mereka yang tidak mau bertransformasi, untuk berkarir diluar, daripada seluruh anggota organisasi terpaksa berkarir diluar, karena organisasi ini telah Tumbang karena Gagal Cashflow, sebagai akhir kegagalan Komunikasi digital dalam Disruption Era Ini.

Nah Kawan-Kawan semua...
Itulah 3 Penyebab Organisasi menjadi pecundang dalam Permainan "Digital Competition" ini. Bagaimana persiapan anda untuk memenangkannya?

Sudahkah anda bersiap untuk Bertransformasi baik secara Pribadi maupun Institusi?

Selamat bertransformasi....

Salam Hebat
Putu Putrayasa
CEO of Hebat Group Asia

Sunday, October 16, 2016

BANGKITNYA 3 RAKSASA ASIA

BANGKITNYA 3 RAKSASA ASIA (Chindonesia=China, India, Indonesia)

Akhir-akhir ini dunia dihebohkan dengan gebrakan-gebrakan 3 pemimpin negara China, India dan Indonesia. Tiga negara di Asia inilah yang memiliki penduduk 4/7 penduduk dunia atau hampir 4 milyar penduduk dunia dari total 7 milyar penduduk dunia. Itu artinya 3 raksasa Asia ini bisa menggoncangkan dunia karena memiliki separuh penduduk di dunia.

Indonesia juga dihebohkan dengan sepak terjang Jack Ma yang ditunjuk sebagai Penasehat Ekonomi Jokowi. Hal ini tentu sangat membahayakan pebisnis online lokal karena Alibaba Group sebagai pemain terbesar bisnis online di Indonesia di saat yang bersamaan bisa membisiki langsung Presiden Indonesia yang tentu hanya akan menghasilkan kebijakan pemerintah yang sepihak menguntungkan bisnis Alibaba Group di Indonesia.

Alibaba Group sebagai konglomerasi bisnis online terbesar di dunia tak akan mungkin bisa dilawan oleh pebisnis online lokal Indonesia: Tokopedia.com, BukaLapak.com, MatahariMall.com, BliBli.com dan sebagainya.

Pertarungan Alibaba Group melawan semua pebisnis online lokal ibarat semut melawan raksasa, dengan sekali injak semut itu akan mati.

Oleh karena itu, Asosiasi Pengusaha Online Indonesia (APOI) langsung bergerak mengerahkan 10 pemuda terbaiknya untuk mendatangi booth-booth milik pengusaha lokal di Indonesia Trade Expo 2016 agar tidak membuka lapak di Alibaba.com namun di MatahariMall.com. Alibaba Group begitu gencarnya mendatangi setiap booth menawarkan paket lapak di Alibaba.com. Saat ini memang Indonesia termasuk dalam 10 besar pemasok/eksportir di Alibaba.com.

Hadi Wenas, CEO MatahariMall.com yang memimpin e-commerce nomor satu di Indonesia merupakan putra terbaik bangsa di bidang bisnis online.  Sudah sepantasnya Hadi Wenas bersama seluruh pebisnis online lokal ditunjuk Jokowi menjadi Penasehat Ekonomi dan Kementrian Perdagangan Indonesia menggantikan Jack Ma.

Nyatakan dukungan Anda semua kepada Hadi Wenas melalui berbagai media sosial dan email ke info@ladova.net untuk kami sampaikan ke Jokowi.

#Gerakan Nasional 1.000 UKM Online

Fanky Christian
fankychristian.blogspot.com

Saturday, October 15, 2016

Membuat tulisan endorsement

Whether you are writing an endorsement because the author selected you as someone with credibility in your field or simply because you love a book and want to recommend it to others – here are some tips on writing a great endorsement that stands out and supports the author (and helps to sell more books too)!

First things first – keep is short, sweet, and simple.The more concise and succinct an endorsement is, the easier it will be for the author to use your words on marketing materials, on the book cover, and/or their website. Longer endorsements aren't geared for the everyday browser of books. To write a lengthy endorsement, consider creating a blog post about your thoughts on the book, or post your review on Amazon, Barnes and Noble or other book selling sites.

Next, use colorful and creative language. One of my favorite endorsements that came in for our bookSpeaking Your Truth was written by author Sharon Lippincott who said "Speaking Your Truth sizzles with brave energy!" We ended up using those lines in a lot of our copy for the launch. Her well written endorsement, plus her name and book title appeared all over our site and marketing materials. (Aka – more exposure to her – the author of the endorsement).  Think about adjectives that can describe the books essence. If you can write a one line, powerful endorsement, it's sure to be used and will get your name out there.

Check out other endorsements. Reading other endorsements before writing your own can only improve what you have to say. Take a peek at a few books on your shelf. Review the words that make up others endorsements. When looking at intriguing language, you should find some inspirational mojo to use.  Notice what words you like, what jumps out at you, and how a well written endorsement creates curiosity for the reader.

Don't be afraid to personalize your endorsement. It's okay to include more about yourself and your experience reading the book. For example, if after reading a book on writing I wrote "As a freelance writer, this is a must read.  'Book Name' will be my go-to-guide for many years to come. In just a few weeks my writing has improved and my clients have noticed the difference. A brilliant piece of work! The author was able to take an everyday subject and turn it into a compelling read that I have recommended to all of my colleagues."  – You can see in this example, I state what I do, another way to drive interest back to me, but I also put it into practical use in regards to my work. I even provided a few brief sentences that can be used in part such as "This is a must read!"  or "A brilliant piece of work!"

Include your title. An endorsement is a great way to create interest in who you are and what you do. Writing a good endorsement will entice the reader to inquire about your book, business, or services. Be sure to include your book title , if you have one.

To find out more on writing a good endorsement, check out this article on eHow by Christina Hamlett.

Fanky Christian
fankychristian.blogspot.com

ASISTEN FREDRICK SILABAN, ARSITEK MASJID ISTIQLAL JAKARTA


*ASISTEN FREDRICK SILABAN, ARSITEK MASJID ISTIQLAL JAKARTA*

Bila anda datang ke Masjid Istiqlal tolong sempatkan temui Pak Suparno. Siapa dia?

Pak Parno adalah tukang bikin kopi/teh Pak Fredrick Silaban, arsitek Masjid Istiqlal. Selama 17 tahun jadi asisten insinyur perancang masjid kebanggaan umat Islam Indonesia itu.

Seminggu berlalu, saya jadi guide rombongan guru2 agama se DKI dalam program Wisata Rumah Ibadah (WRI). Program yang difasilitasi ICRP dan Yayasan Cahaya Guru. Dirancang utk menguatkan keinsyafan kebhinekaan dalam diri siswa-siswi. Negara, kini berhadapan dengan "the lost generation", generasi yang luntur rasa kebangsaan dan keindonesiaannya.

Dalam kunjungan ini saya baru tahun bahwa Istiqlal dalam sehari dikunjungi 250-300 wisatawan asing. Amerika, Eropa, Afrika, dan Asia. Tentu muslim dan non muslim.

Selama 17 tahun Pak Parno jadi tukang kopi/teh Pak Silaban. Tukang insinyur beragama Kristen ini memiliki  disiplin kerja dan perhatian kepada anak buah. Ia bercerita, ada 37 an rancangan masjid yang ikut bertender. Ternyata Bung Karno memilih rancangan Pak Silaban. Saat tahu rancangannya menang, Silaban bersyukur dan berucap "Haleluya, demi Tuhan Yesus saya akan bangun masjid ini sampai tuntas".

Luar biasa. Perancang masjid itu seorang Nasrani. Betapa hebatnya Bung Karno. Visioner. Istiqlal satu2nya masjid paling besar yang zero AC di lantai2 utamanya. Padahal Jakarta sangat panas. Masuk ke Istiqlal sangat sejuk.

Tidak bisa saya bayangkan bila kejadian masa lalu itu terjadi saat nalar keberagamaan umat berubah ekstrim, radikal dan fundamentalistik. Yang lebih heboh lagi, beruntung gereja Katedral berdiri puluhan tahun lebih awal dari Istiqlal. Coba sekarang. Pasti gerombolan vandal akan datang berposter ria dan teriak2: Nasi bungkus!

Saat itu ada 3 bangunan monumental yang digarap Bung Karno: Masjid Istiqlal, Gelora Bung Karno dan Monas.

Sesekali Bung Karno datang kontrol. Ia datang pakai becak. Tanpa pengawalan. Para pekerja Masjid Istiqlal didatanginya. Salah satunya Pak Parno. Ditepuknya pundaknya. "Kamu tau siapa?", katanya."Yang mulia presiden", jawab Pak Parno. "Bukan. Aku ini bapakmu. Bukan presiden. Bapakmu".

Kini, Pak Parno berusia 88 tahun. Masih mengabdi di Masjid Istiqlal sebagai karyawan.

Karya lain dari Frederick Silaban adalah masjid agung Bogor sebelah timur terminal, di Jalan Pajajaran.

Saya pernah ketemu keluarga Silaban ini. Dia bercerita, jika presiden Sukarno ingin menekan budget nya, Frederick menukas; Pak presiden, jangan terlalu pelit lah sama Tuhan. Sukarno diam.
Lanjut Frederick; jangan membangun rumah ibadah hanya untuk bertahan 10 - 20 tahun saja. Kita buat yg bisa bertahan hingga 100 tahun..!👍👍👍🙏

Fanky Christian
fankychristian.blogspot.com

Waspadai Skenario Adu Domba di Jakarta!

PILKADA DKI telah berkembang ke arah yang cukup mengkhawatirkan. Bukan saja soal Cagub petahana, Basuka Tjahaya Purnama (Ahok) yang pernyataannya di Kepulauan Seribu yang memicu kontroversi, tapi juga respon sebagian kelompok yang sengaja memanfaatkan isu ini untuk tujuan-tujuan lain di luar Pilkada DKI.

Sebenarnya situasi pasca kontroversi pernyataan Ahok mengenai Surat al-Maidah sudah mulai mereda setelah Ahok minta maaf secara terbuka atas ucapannya yang dianggap menyinggung umat Islam. Tokoh-tokoh agama ternama juga menanggapi positif permintaan maaf itu. Semua itu menjadikan situasi yang semua penuh ketegangan mulai mereda.

Tapi belakangan situasi kembali memanas, terutama setelah MUI mengeluarkan pernyataan sikap yang pada intinya menyatakan Ahok telah melakukan penistaan agama. Situasi tambah semakin memanas karena sebuah stasiun TV swasta menggelar acara dialog secara live kurang lebih 4 jam, dengan tema "Setelah Ahok Minta Maaf". Berkembang juga berita, besok pagi, Jumat 14 Oktober 2016 akan ada aksi besar yang dimulai dari Masjid Istiqlal, dengan tema "Tangkap Ahok Penista Agama". Situasi ini menimbulkan ketakutan dan kekhawatiran, sehingga Gereja Katedral yang letaknya di sebelah masjid Istiqlal merasa perlu membuat himbauan khusus kepada Jemaatnya agar besok hari itu tidak mendekat ke kawasan Katedral jika tidak ada keperluan mendesak.

Saya menduga ada kelompok-kelompok yang mengambil untung dari situasi untuk merusak sendi-sendi kehidupan bangsa. Hal ini dilakukan dengan mengadu domba antara umat Islam dan non-Islam, bahkan antar sesame umat Islam yang mempunyai halauan yang berbeda. Mereka akan menunggangi organisasi-organisasi keagamaan, untuk memuluskan agenda adu dombanya.

Siapakah kelompok itu? Sebenarnya tidak terlalu sulit dikenali. Mereka bukan saja benci pada Ahok, tapi juga benci tatanan Negara ini, benci pada Pancasila, benci pada NKRI dan seterusnya yang dianggap sebagai sistem Negara thagut. Anasir-anasir kelompok radikal akan berkumpul dengan memanfaatkan persoalan Ahok menjadi pintu masuknya. Namun, yang dituju bukan soal Ahok, tapi lebih besar dari itu.

Karena itu, waspada dengan skenario adu domba yang sudah mulai terasa. Bukan soal Ahok dan Pilkada DKI, tapi ini soal keutuhan bangsa.[]

Rumadi Ahmad
Ketua Lakpesdam PBNU

[Catatan: himbauan di atas dari temanku, Mas Rumadi Ahmad, yang juga Ketua Lakpesdam PBNU, Jakarta. Silakan disebarluaskan jika berkenan demi keutuhan bangsa dan negara].

Fanky Christian
fankychristian.blogspot.com

Wednesday, October 12, 2016

Three Industries using AI, Machine Learning and Big Data

3 industries that will be transformed by AI, machine learning, and big data in the next decade.

Historically, when new technologies become easier to use, they transform industries.

That's what's happening with artificial intelligence and big data; as the barriers to implementation disappear (cost, computing power, etc.), more and more industries will put the technologies into use, and more and more startups will appear with new ideas of how to disrupt the status quo with these technologies.

By my predictions, the AI revolution isn't coming, it's already here, and we'll see it first in a few key sectors.

Healthcare

Most people agree that healthcare is broken, and many startups believe that the biggest answer is putting the power back in the hands of the patient.

We're all carrying the equivalent of Star Trek's tricorder around in our pockets (or an early version, at any rate) and smartphones and other smart devices will continue to advance and integrate with AI and big data to allow individuals to self-diagnose.

Sequencing of individual genomes and then comparing them to a vast database will allow doctors — and/or AI bots — to predict the probability that you will contract a particular disease and the best ways to treat those diseases when they appear.

Companies including Google, Apple, Samsung, and others are investing billions in developing new biometric sensors. Combined with big data, the information from these sensors could help prevent disease and extend lifespans.

And consumers aren't likely to have to pay for it. Insurance companies have a vested interest in new technologies that will keep their clients healthier, and AI bots that help you remember to eat well, take your meds, and get important diagnostic tests that could keep you out of the hospital are a good investment. (More about insurance in a moment.)

Finance 

AI is also going to be increasingly important in the financial services industries.

In the very near future, AI financial advisors will begin to replace human advisors. Computerized systems can sort through tens of thousands of possible companies to make recommendations. It can look at your social media posts, your emails, and through sentiment analysis, determine which companies best align with your values and your risk tolerance. And then it can continue to monitor your personal profile and the market and help adjust your portfolio in real-time.

And a human advisor can't begin to compete with that level of detail and automation.

This doesn't even take into account the AI algorithms that are already making stock market transactions in nanoseconds and making revenue predictions based on hundreds, if not thousands of data points.

The era of the guess and the gut feeling when it comes to investments is headed out the door. Additionally, AI systems will benefit banks and lenders by being able to predict which applicants are high and low risk investments for personal and business loans. Our credit scores are already on their way to being much more than the sum of our debts and bills paid. Before long, AIs working for banks will be able to tell by something as innocent as the kinds of things you buy and where you buy them whether or not you'll repay your car loan.

Insurance

Building on the idea of the AI guaranteeing your personal loan, your insurance company will also be transformed by artificial intelligence and big data. It's already begun, with companies like Progressive offering discounts of you agree to putting a little monitoring device in your car that lets them know whether or not you're a safe driver.

Imagine a health insurance company doing the same thing; just wear this smart device for a few weeks, and we'll let you know if we can insure you at a lower rate. If your heart rate, blood pressure, activity levels and other things indicate you lead a healthful life, you get a discount.

Another big change AI could see ushered in is autonomous cars. One of the major purposes behind developing autonomous cars is that they rarely, if ever, crash. So the only insurance they would need would be to replace them if a storm drops a tree on them. No more collision insurance.

In addition, it's likely that auto ownership in general would decline; people would no longer buy cars, but buy 24/7 access to a car. In this case, the auto insurance industry loses millions of customers, with only a few large corporations that rent the cars to insure.

Got hail damage to your home or your crops? Sensor data and satellite imaging, combined with weather data, can instantly assess whether or not you have a claim, eliminating the need for certain claims agents.

The more data the insurance industry has access to, the more they can automate, and the more they rely on AI, the more the industry will change.

These are just a few examples of industries that I predict will change dramatically in the very near future due to the advent of less expensive, easier to implement artificial intelligence programs.

Written by

Bernard Marr
Best-Selling Author, Keynote Speaker and Leadin

Fanky Christian
fankychristian.blogspot.com

Tuesday, October 11, 2016

JADILAH BUSUR YANG KUAT UNTUK ANAK-ANAK (PANAH)MU, TAPI LEPASKANLAH MEREKA

JADILAH BUSUR YANG KUAT UNTUK ANAK-ANAK (PANAH)MU, TAPI LEPASKANLAH MEREKA

(BECOME A STRONG BOW FOR YOUR CHILDREN)

Kita sudah terbiasa dengan dengan pepatah yang mengatakan bahwa orang tua selalu menginginkan yang terbaik buat anak anaknya....
Betulkah itu?
Saya yakin itu betul, tapi kita lihat 2 kasus di bawah ini ....

Sebut saja namanya Agung, 20 tahun lalu lulus dari Jurusan Sospol di universitas ternama di Jawa.
Dia bersahabat dengan  Rochman yang kuliah di Jurusan yang sama.
Setelah selesai kuliah, mereka berdua mendapatkan pekerjaan sebagai PNS  di Timor Timur.
Rochman berangkat ke sana.
Ibunya Agung menangis waktu Agung minta ijin berangkat.
Ayahnya berkata,"Cari sesuap nasi saja kok sampai ke Timor Timur"
Akhirnya orangtuanya menyuruh Agung tinggal di rumahnya dan membantu orang tuanya menjahit baju.
(Orangtuanya punya usaha konveksi di pasar).

Dua puluh tahun kemudian ....
Rochman ternyata tidak lama menjadi PNS, dia mempunyai banyak koneksi dan network, dia pun memulai bisnis untuk mendatangkan barang barang dari Pulau Jawa ke Timor Timur.
Sekarang Rochman menjadi pengusaha yang sangat sukses tinggal dan menjalankan bisnisnya dari Surabaya.
Sementara Agung .... masih membantu orang tuanya menjahit baju di pasar (cerita nyata).

Namanya Andini ... lulus dari SMA ternama di Jakarta.
Andini mempunyai cita cita menjadi pengusaha.
Jadi lulus SMA dia malah tidak mau kuliah karena dia ingin belajar berbisnis sendiri.
Orangtuanya memaksa dia untuk kuliah.
Andini bilang dia mau kuliah asalkan dia boleh kuliah di jurusan bisnis.
Orangtuanya masih memaksa Andini untuk kuliah di jurusan Kedokteran Umum.
Dan karena Andini memang pintar, akhirnya Andini diterima di Kedokteran Umum di Universitas negeri terkenal di Yogyakarta.
Berangkatlah Andini ke Yogyakarta meskipun dalam hati dia sangat membenci jurusan itu.
Tetapi karena Andini selalu dijejali dengan ajaran bahwa kita harus menjadi anak yang menurut sama orang tua, maka berangkatlah Andini.

12 bulan kemudian.... sayang sekali, Andini stress , dia memutuskan untuk keluar dari perkuliahan dan sekarang dalam perawatan psikiater.

Saya menangis mendengar nasib Agung dan Andini.
Dan saya yakin masih banyak Agung-agung lain dan Andini-andini yang lain di Indonesia.

Dan sekarang waktunya kita berfikir apakah SEMUA orang tua menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya?
Really?
Jangan-jangan banyak orang tua yang menginginkan yang terbaik untuk image dan prestige orang tuanya (tanpa memperdulikan pilihan anaknya).
Duh... kadang di sini saya merasa sedih.

Khalil Gibran menulis ....
"Engkau adalah busur tempat anak-anakmu menjadi anak-anak panah yang hidup diluncurkan"

Apa artinya?
Orang tua menjadi busur yang kuat bagi anak anak panah.
Tetapi pada saat anak panah sudah diarahkan, lepaskanlah mereka. Biarkan mereka terbang sendiri.
Orang tua memanh harus mendidik dan membentuk nilai-nilai yang baik untuk anak-anak mereka...
Tetapi pada saat anak anda dewasa biarkan mereka mengambil keputusan mereka.
Anda  boleh menyarankan , boleh memberikan pilihan, tetapi jangan memaksakan kepada mereka.
Ingat bahwa mereka adalah makhluk hidup yang mempunyai akal dan pikiran sendiri.
Mereka bukan bejana atau vas bunga yang anda dengan bebas boleh memasukkan cairan apapun ke dalamnya.

Saya berharap agar kita tidak mengulangi tragedi Agung (yang sampai umur 48 tahun menjadi penjahit di pasar, padahal sebenarnya dia  bisa meniti karier gemilang di tempat lain).
Atau jangan mengulangi kisah Andini yang akhirnya harus dirawat psikiater (padahal seharusnya menikmati masa muda yang ceria dengan melakukan apa yang dia suka sesuai passionnya).

Do you want the best for your chidren?
Or actually do you want the best for your image and prestige?
THINK AGAIN !

Do you know what I did to my daughter?
When she asked me ,"Papa which major should I take for my Bachelor degree"
Since I am an HR director, she might expect a detailed answer.
Actually I said,"Take whatever you want. Because the job that you will do in 5 years don't even exist today."
"Just go... discover the world... and learn whatever you want....because the most important thing for you is learning agility, your ability to learn new things and adapt to the  new situation. "
Now, she got scholarship to study Chemical engineering in US.
And most importantly, she is happy and she enjoy learning it!

Terus bagaimana dong, apakah hal itu  berarti kita tidak boleh ngasih tahu ke anak?
Apakah itu berarti kita tidak boleh menasihati anak-anak kita sendiri.
Boleh aja. Ingat kita kan masih harus menjadi BUSUR panah yang baik.
Anak panah harus mendapatkan busur yang kokoh.

But there is one thing you should never do.
Memaksakan kehendak anda kepada mereka. Never! Not even under any circumstance, you should never force your decision to your own kids.

Terus bagaimana dong untuk membantu mereka menyiapkan masa depan mereka?
Here are 5 ways to build a strong foundation for your kids....

1. TIME
2. VALUES
3. TRUST
4. OPTIMISM
5. EXAMPLE

Kita diskusikan satu persatu yuk.

1. Spend TIME with them

Yang pertama ya memang kita harus spend time dengan mereka.
Maaf, there is no such thing as quality time.
Quality time adalah konsep yang diciptakan oleh orang tua yang tidak mau spend time dengan anak anaknya.

Apalagi kalau anak anak anda masih kecil.
Spend time with them because when they grow up they will not want to spend time with you.

You will use the time that you spend with them mainly to listen and understand them.
Just listen... listen... and listen to them.
Kadang kadang anda bisa sharing tentang cerita yang patut menjadi contoh.

2. Build VALUES in their character

Build the values in their character agar mereka tahu apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak.
Agar anda tidak usah mengawasi mereka terus menerus atau mengulang-ulang instruksi yang harus mereka jalankan.
Seorang sahabat saya, sebut saja namanya David, mengajarkan kepada anak anaknya bahwa nilai nilai di keluarga mereka adalah
- Honesty
- Trust
- Hardwork
- Achieve
Dan mereka benar benar dengan konsisten melaksanakan hal itu di keluarga mereka.
Pikirkan... apakah nilai nilai yang akan anda terapkan di keluarga anda.
Ceritakan kepada anak anak anda.
Implementasikan dengan konsisten.
Ingat ...
- Pikirkan
- Ceritakan
- Implementasikan

3. TRUST them
Kalau anda sudah menanamkan nilai nilai yang kuat dalam kepribadian mereka berarti anda harus percaya pada mereka. Trust them.
Biarkan mereka melakukan kesalahan.
Biarkan mereka bangkit sendiri.
Mereka akan belajar dari situ dan membentuk karakter yang teguh.
Sementara kalau anda mengawasi terus menerua dan mengontrol, mereka hanya akan menjadi pribadi yang rapuh.
Trust them.
Let them make their mistake.
Let them learn.
Let them stand up again.

4. Develop OPTIMISM in them

Ajari mereka bahwa dunia ini indah dan menjanjikan masa depan yang cerah, apabila mereka bekerja keras.
Ajari mereka untuk bermimpi dan becita cita setinggi tingginya.
Kemudian ajari mereka untuk bekerja keras, sekeras kerasnya.

5. Lead them by EXAMPLE
Terakhir... yang paling penting, lead by example. Berikan mereka contoh yang bagus.
Anda tidak mungkin menyuruh mereka bekerja keras kalau anda sendiri bermalas malasan.
Be a good example.
Let them look and learn from you.

Salam Hangat,

Pambudi Sunarsihanto

Fanky Christian
fankychristian.blogspot.com

Happiness

Happiness often sneaks in through a door you didn't know you left open. -John Barrymore

Happiness is not something ready made. It comes from your own actions. -Dalai Lama

Be happy with what you have and are, be generous with both, and you won't have to hunt for happiness. -William E. Gladstone

Most folks are as happy as they make up their minds to be. -Abraham Lincoln

I am determined to be cheerful and happy in whatever situation I may find myself. For I have learned that the greater part of our misery or unhappiness is determined not by our circumstance but by our disposition. -Martha Washington

Happiness is when what you think, what you say, and what you do are in harmony. -Mahatma Gandhi 

Be happy for this moment. This moment is your life. -Omar Khayyam 

Some cause happiness wherever they go; others whenever they go. -Oscar Wilde 

If you want others to be happy, practice compassion. If you want to be happy, practice compassion. -Dalai Lama

A table, a chair, a bowl of fruit and a violin; what else does a man need to be happy?-Albert Einstein 

The first recipe for happiness is: avoid too lengthy meditation on the past. -Andre Maurois 

Don't wait around for other people to be happy for you. Any happiness you get you've got to make yourself. -Alice Walker

Our greatest happiness does not depend on the condition of life in which chance has placed us, but is always the result of a good conscience, good health, occupation, and freedom in all just pursuits. -Thomas Jefferson 

True happiness comes from the joy of deeds well done, the zest of creating things new. -Antoine de Saint-Exupery 

Happiness cannot be traveled to, owned, earned, worn or consumed. Happiness is the spiritual experience of living every minute with love, grace, and gratitude. -Denis Waitley 

It is not how much we have, but how much we enjoy, that makes happiness. -Charles Spurgeon

The Constitution only gives people the right to pursue happiness. You have to catch it yourself. -Benjamin Franklin 

Achievement of your happiness is the only moral purpose of your life, and that happiness, not pain or mindless self-indulgence, is the proof of your moral integrity, since it is the proof and the result of your loyalty to the achievement of your values. -Ayn Rand 

There is only one way to happiness and that is to cease worrying about things which are beyond the power of our will. -Epictetus 

There is only one happiness in this life, to love and be loved. -George Sand 

Happiness doesn't depend on any external conditions, it is governed by our mental attitude. -Dale Carnegie 

Happiness depends upon ourselves. -Aristotle

Everything has its wonders, even darkness and silence, and I learn, whatever state I may be in, therein to be content. -Helen Keller

Joy is a net of love by which you can catch souls. -Mother Teresa

Future. That period of time in which our affairs prosper, our friends are true and our happiness is assured. -Ambrose Bierce 

But what is happiness except the simple harmony between a man and the life he leads?-Albert Camus 

True happiness… is not attained through self-gratification, but through fidelity to a worthy purpose. -Helen Keller 

Happiness is not a goal; it is a by-product. -Eleanor Roosevelt 

The happiness of your life depends upon the quality of your thoughts: therefore, guard accordingly, and take care that you entertain no notions unsuitable to virtue and reasonable nature. -Marcus Aurelius

It is neither wealth nor splendor; but tranquility and occupation which give you happiness. -Thomas Jefferson 

Action may not always bring happiness; but there is no happiness without action. -Benjamin Disraeli 

Happiness is like a kiss. You must share it to enjoy it. -Bernard Meltzer

Happiness is not a matter of intensity but of balance, order, rhythm and harmony. -Thomas Merton

Happiness is nothing more than good health and a bad memory. -Albert Schweitzer 

Happiness is the only good. The time to be happy is now. The place to be happy is here. The way to be happy is to make others so. -Robert Green Ingersoll 

Happiness makes up in height for what it lacks in length. -Robert Frost 

Remember that the happiest people are not those getting more, but those giving more. -H. Jackson Brown, Jr.

If you want to be happy, be. -Leo Tolstoy

True happiness is… to enjoy the present, without anxious dependence upon the future. -Lucius Annaeus Seneca

Happiness… consists in giving, and in serving others. -Henry Drummond

Happy is the man who has broken the chains which hurt the mind, and has given up worrying once and for all. -Ovid 

An effort made for the happiness of others lifts above ourselves. -Lydia M. Child 

The person born with a talent they are meant to use will find their greatest happiness in using it. -Johann Wolfgang von Goethe

Happiness is an inside job. -William Arthur Ward 

Happiness is that state of consciousness which proceeds from the achievement of one's values. -Ayn Rand

Now and then it's good to pause in our pursuit of happiness and just be happy. -Guillaume Apollinaire

Happiness is found in doing, not merely possessing. -Napoleon Hill

Anything you're good at contributes to happiness. -Bertrand Russell 

You must try to generate happiness within yourself. If you aren't happy in one place, chances are you won't be happy anyplace. -Ernie Banks 

Nothing brings me more happiness than trying to help the most vulnerable people in society. It is a goal and an essential part of my life – a kind of destiny. Whoever is in distress can call on me. I will come running where

http://jakartanews.co/50-happiness-quotes-important-life-lessons/

Fanky Christian
fankychristian.blogspot.com

Monday, October 10, 2016

Taiwan-Indonesia ICT Partnership 2016 - 27 OKT 2016 - GRAND MERCURE JAKARTA

Hi Rekan-rekan APKOMINDO,

Kami informasi mengenai event “Taiwan-Indonesia ICT Partnership 2016” , silahkan segera mendaftar :

Berikut di bawah ini adalah agendanya:

Event agenda:
Event Name                       : Taiwan-Indonesia ICT Partnership 2016
Organizer                            : Taipei Computer Association (TCA), Indonesia Taiwanese Chambers of Commerce, Indonesian Information Technology Federation (FTII)
Co-organizer                      : ASOSIASI PENGUSAHA KOMPUTER INDONESIA (APKOMINDO)
Event Management        : Taipei Computer Association (TCA)
Date                                      : 27th October 2016 (Thursday)
Time                                      : 12:00pm~5:30pm (lunch included)
Venue                                  : Hans Palace for Lunch and Diamond for Breakout meeting, Grand Mercure Jakarta Harmoni
Agenda: 12:00~13:30

Lunch
13:30~14:00
Registration
14:00~14:30
Opening Remarks
1. Taipei Computer Association(TCA)
2. Indonesia Taiwanese Chambers of Commerce
3. Indonesian Information Technology Federation (FTII)
4. ASOSIASI PENGUSAHA KOMPUTER INDONESIA (APKOMINDO)
14:30~15:30
Introduction of Taiwan ICT Delegates
(each participant is given 5 mins to intro their products)
15:30~17:30
1-to-1 Business Matching
17:30~
Networking Session

Inti dari acara ini adalah pihak asosiasi komputer Taiwan saat ini sedang mencari partner business di Indonesia, jika kiranya rekan-rekan tertarik maka ada session untuk berbicara langsung dengan perusahan-perusahan tersebut secara private, ruang dan waktu telah di sediakan. 

Jika rekan ada yang tertarik untuk 1 to 1 business matching, infokan ke saya kembali agar saya bisa mengatur dan mempertemukan rekan dengan perusahaan, untuk session 1 to 1 business matching di mulai pukul 15:30 – 17.30.

FYI, untuk registrasi paling lambat tanggal 10 Oct 2016. 
Untuk registrasi 1-to-1 Business Matching segera email data lengkap perusahaan ke eddy@unicodepratama.com , cc: dpddkiapkomindo@gmail.com

Demikian infonya, jika kurang jelas dapat menghubungi saya kembali. Terima kasih.

Best Regards,
L. Eddy Kurdi
eddy@unicodepratama.com
0817-6868-308
0811-88888-69

Sunday, October 09, 2016

Filosofi Hiu dalam Kehidupan

:: Filosofi Hiu dalam Kehidupan ::

Untuk masakan Jepang, kita tahu bahwa ikan salmon akan lebih enak untuk dinikmati jika ikan tsb masih dalam keadaan hidup saat hendak diolah untuk disajikan. Jauh lebih nikmat dibandingkan dengan ikan salmon yang sudah diawetkan dengan es.

Itu sebabnya para nelayan selalu memasukkan salmon tangkapannya ke suatu kolam buatan agar dalam perjalanan menuju daratan salmon-salmon tersebut tetap hidup.
Meski demikian pada kenyataannya banyak salmon yang mati di kolam buatan tersebut.

Bagaimana cara mereka menyiasatinya?
Para nelayan itu memasukkan seekor hiu kecil dikolam tersebut. Ajaib!
Hiu kecil tersebut 'memaksa' salmon-salmon itu terus bergerak agar jangan sampai dimangsa.
Akibatnya jumlah salmon yang mati justru menjadi sangat sedikit.

Diam membuat kita mati!

Bergerak membuat kita hidup!

Apa yang membuat kita diam?
Saat tidak ada masalah dalam hidup dan saat kita berada dalam zona nyaman.
Situasi seperti ini kerap membuat kita terlena..
Begitu terlenanya sehingga kita tidak sadar bahwa kita telah mati.

Apa yg membuat kita bergerak?
Masalah.. Tekanan Hidup.. dan Tekanan Kerja..
Saat masalah datang secara otomatis naluri kita membuat kita bergerak aktif dan berusaha mengatasi semua pergumulan hidup itu..
Tidak hanya itu, kita menjadi kreatif, dan potensi diri kitapun menjadi berkembang luar biasa..
Ingatlah bahwa kita akan bisa belajar banyak dalam hidup ini bukan pada saat keadaan nyaman, tapi justru pada saat kita menghadapi badai hidup..

Itu sebabnya syukurilah 'hiu kecil' yang terus memaksa kita untuk bergerak dan tetap survive.

Masalah hidup adalah baik, karena itulah yang membuat kita terus bergerak. Hiu-hiu kecil itu bisa diumpamakan siapa dan apa saja dalam hidup kita...

Jangan jatuh walaupun kita dijatuhkan oleh orang lain. Justru efeknya bisa membuat kita bangkit menjadi luar biasa.

Fanky Christian
fankychristian.blogspot.com